Wartawan yang bertugas di Kota Sibolga dan Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, dalam tugas liputannya tidak luput menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes). Kesadaran itu didasari betapa pentingnya tugas dari seorang jurnalis dalam menyampaikan berita sekaligus mensosialisasikan tentang pencegahan COVID-19.

Menurut Juniwan Nurpati salah seorang wartawan terbitan Medan yang bertugas di Sibolga-Tapteng mengakui, bahwa kesadaran wartawan di Sibolga-Tapteng akan pencegahan COVID-19 cukup baik. Itu terlihat dalam kegiatan sehari-hari saat membuat berita dan juga saat ada acara liputan di lapangan.

“Di tengah pandemi ini memang kegiatan kami di lapangan berkurang. Pun ada kegiatan di lapangan, harus dipertimbangkan dulu situasi dan kondisinya. Jika kegiatan itu “rawan” kami lebih memilih konfirmasi lewat telepon,” ungkapnya kepada ANTARA, Selasa (27/10) di Sibolga.

Baca juga: Berlin Silaban, abang becak pejuang COVID-19 dari Sibolga

Selain itu sambungnya, kesadaran wartawan untuk menggunakan Masker, Mencuci Tangan dan Menjaga Jarak (3M) juga lumayan tinggi. Itu dapat dilihat di tempat perkumpulan wartawan untuk membuat setiap hari, baik itu yang ada di Sibolga dan juga di Pandan, Tapanuli Tengah.

“Ada beberapa tempat nongkrong wartawan di kedua daerah ini. Dan sehari-harinya kesadaran teman-teman wartawan untuk menjaga jarak dan menggunakan masker serta mencuci tangan sebelum masuk ke tempat nongkrong sudah terlihat. Mudah-mudahan semangat kami wartawan yang bertugas di kedua daerah ini untuk tetap mematuhi Prokes berlanjut terus,” harapnya.

Hal senada juga disampaikan Saren Situmorang, Agus Salim Tanjung, Dody Irwansyah, dan Preddy Situmorang. Mereka menyadari, bahwa menjaga kesehatan jauh lebih penting dari segalanya.

“Kesehatan harus kita utamakan, karena dengan kondisi sehatlah kita dapat melakukan tugas kita. Dan kami juga tidak lupa mengajak seluruh masyarakat di kedua daerah ini agar jangan sampai sepele akan penyebaran COVID-19 ini. Kita harus tetap waspada tetapi jangan pula ketakutan yang berlebihan. Dengan menerapkan 3M, kita bisa melakukan akativitas kita sehari-hari. Mudah-mudahan sampai sekarang kondisi kami sehat-sehat semua. Dan marilah kita berdoa agar wabah ini cepat berlalu,” imbuh Agus.

Pewarta: Jason Gultom

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020