Masyarakat harus menggunakan masker sesuai dengan ketentuan dari pemerintah guna menangkal penularan COVID-19, kata Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara (USU) Profesor Doktor Badaruddin M.A.

"Masyarakat diharapkan agar memakai masker yang telah dianjurkan demi menjaga kesehatan dari berbagai penyakit dan juga mencegah penyebaran pandemi virus corona (COVID-19) yang mewabah saat ini," ujar dia di Medan, Senin.

Saat ini, katanya, berbagai jenis masker banyak diperjualbelikan, namun masyarakat harus lebih selektif dan cerdas dalam memilih masker tersebut agar efektif untuk mencegah penularan virus corona jenis baru itu.

"Warga yang membeli masker harus hati-hati dan jangan sampai salah membeli sehingga akan merugikan diri kita sendiri, dan maskernya tidak dapat digunakan sebagaimana mestinya," ujarnya.

Badaruddin mengatakan masyarakat yang akan membeli masker lebih baik bertanya terlebih dahulu kepada orang mengetahui kualitas barang itu sehingga tidak mubazir melakukan pembelian.

"Hal itu perlu dipikirkan agar tidak salah memilih masker dan juga dapat berfungsi dengan baik sebagaimana yang diharapkan," ujarnya.

Ia menjelaskan bahwa disiplin warga dalam menggunakan masker sesuai dengan protokol kesehatan, dapat mengantisipasi penyebaran COVID-19.

Ia juga mengingatkan warga untuk tidak lupa menggunakan masker jika berada di luar rumah maupun di tempat-tempat keramaian.

"Dengan menggunakan masker tersebut, tidak hanya menjaga kesehatan diri kita pribadi, tetapi juga kesehatan orang lain.Mari kita budayakan pemakaian masker di masyarakat," kata mantan Dekan FISIP USU itu.

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020