Mulai hari ini Senin (26/10) sampai 14 hari ke depan, Operasi Zebra Toba 2020 di wilayah Hukum Polres Tapteng dilaksanakan. Operasi ini digelar dengan mematuhi Protokol Kesehatan (Prokes) COVID-19. Menurut Kapolres Tapteng, AKBP Nicolas Dedy Arifianto, Operasi Zebra Toba 2020 ini untuk mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcar Lantas).

“Tujuan Operasi ini untuk mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas. Selain itu juga, Operasi ini dilaksanakan dengan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif untuk pencegahan penularan virus corona (COVID-19) di jalan menjelang perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021,” ungkapnya, Senin (26/10).

Baca juga: Bupati targetkan 240 KM jalan di Tapteng selesai dihotmix tahun 2020

Dan selama Operasi Zebra Toba 2020, petugas memberi imbauan dan menyosialisasikan kepada masyarakat pengguna jalan, tentang penerapan protokol kesehatan yakni; sering mencuci tangan, tetap gunakan masker/face shield, menerapkan etika bersin/batuk dan tetap jaga jarak untuk mencegah penyebaran COVID-19, dan juga mewujudkan Kamseltibcar lantas.

Kemudian cara bertindak dalam Operasi ini dilaksanakan dengan kegiatan preemtif (edukasi), preventif (pencegahan) serta Gakum secara persuasif dan humanis.

Selama pelaksanaan Operasi Zebra Toba 2020 ini tidak dibenarkan adanya target tilang.

Polres Tapteng berharap, Operasi Zebra Toba 2020 ini dapat meningkatkan disiplin dan kepatuhan masyarakat baik dalam menaati protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran COVID-19. Selain itu juga diharapkan tercipta kepatuhan masyarakat dalam mematuhi peraturan berlalulintas untuk mewujudkan situasi kamseltibcar lantas.

“Dengan mematuhi disiplin kita dapat menekan dan meminimalisir fatalitas korban dan jumlah laka lantas, khususnya di wilayah Kabupaten Tapanuli Tengah,” imbuh Kapolres Tapteng.

Pewarta: Jason Gultom

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020