Dalam rangka menyambut hari Sumpah Pemuda 28 oktober, ratusan pemuda yang tergabung dalam Organisasi Kepemudaan (Ormas), komunitas pemuda dan Insan Olahraga Kota Tebing Tinggi mengikuti pemeriksaan Rapid Tes, Rabu (21/10) di Anjungan Sri Mersing Lapangan Merdeka Tebing Tinggi.

Kegiatan yang dilaksanakan Dinas Kesehatan bersama Dispora Tebing Tinggi Plt. Kadispora Tebing Tinggi Sugeng Surya mengatakan, pemeriksaan rapid tes ini dilakukan dalam rangka menyambut Hari Sumpah Pemuda ke 92 Tahun 2020 sesuai thema yakni, 'Bersatu kuta bangkit, sehat pemuda, sehat kotaku'.

Pemeriksaan dilakukan kepada pemuda, OKP, Komunitas Pemuda dan Insan Olahraga yang pada saat ini ada Pusat Latihan di Tebing Tinggi tujuannya adalah mereka nantinya akan menjadi pelopor kesehatan di Kota Tebing Tinggi, khususnya terutama didalam keluarga, kata Sugeng.

Sugeng  juga mengharapkan kepada para pemuda untuk bisa menjadi Plopor Kesehatan dikeluarga dan lingkungan masing-masing dengan mengkampanyekan imbauan '4M' yaitu, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan.



Sementara itu Kadis Kesehatan Kota Tebing Tinggi dr Nanang Fitra Aulia saat memimpin kegiatan uji cepat rapid tes mengatakan, rapid tes dilakukan kepada sekitar 500 unsur pemuda dibawah naungan Dispora Tebing Tinggi.

Alhamdulillah sampai saat ini pemeriksaan terus berlanjut dan kita belum ada menemukan hasil yang reaktif. Ini adalah satu upaya dalam memutus matarantai penyebaran covid-19 di Kota Tebing Tinggi, kata dr Nanang 

Kadis Kesehatan terus menghimbau kepada warga masyarakat agar tetap menegakkan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari. " Protokol Kesehatan Covid-19 saat ini sudah menjadi pola hidup baru dimasa pandemi. 

Dengan melindungi diri sendiri otomatis juga telah melindungi orang disekitarnya. Dan ini adalah salah satu bentuk kepedulian terhadap percepatan pemutusan mata rantai COVID-19 di Kota Tebing Tinggi," tegas Nanang.

Pewarta: Dhani Elison

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020