Politektik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Medan membagikan bibit Kelapa Pandan kepada petani di Kabupaten Langkat, sebagai bentuk dorongan agar petani daerah ini tetap produktif ditengah pandemi COVID-19.

"Kegiatan ini merupakan bentuk pengabdian masyarakat di bawah Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (UPPM) di ketuai Firman RL Silalahi, STP, M.Si," kata Direktur Polbangtan Medan, Yuliana Kansrini, Senin (11/10).

Pembagian bibit kepala ini, katanya, mengingat pemerintah mulai memberlakukan Adaptasi Kehidupan Baru (AKB) ditengah pandemi virus corona atau COVID-19, tetapi dalam menjalankan aktivitas tetap mematuhi protokol kesehatan.

Baca juga: Hari ini, Polbangtan Medan adakan Mabima 2020 secara virtual

"Kita menyarankan ke petani ketika beraktivitas agar tetap patuh terhadap protokol kesehatan dengan menggunakan masker, sering cuci tangan, serta menjaga jarak, dan menghindari kerumunan massa," tegasnya.

Dijelaskannya, bahwa bibit yang dibagikan ini hasil Demplot pembibitan tanaman Kelapa Pandan di BPP Secanggang, Kabupaten Langkat, yang merupakan kegiatan UPPM yang dilaksanakan BPP binaan Polbangtan Medan.

"Kita ketahui kelapa pandan masih menjadi primadona yang banyak dicari oleh masyarakat untuk dikonsumsi dan harga jualnya tergolong masih tinggi dibanding dengan kelapa yang biasa," jelasnya.

Menurut Yuliana, pihaknya tidak saja sekedar memberikan bantuan, namun tim Polbangtan Medan bersama PPL BPP Secanggang akan terus memantau perkembangan bibit kelapa yang ditanam oleh petani untuk melihat keberhasilan dalam membudidayakan kelapa pandan," katanya.

Biibit kelapa pandan ini diserahkan Polbangtan Medan kepada para petani diwakili Herawaty, SP.,M.Si dan Tengku Syaiful Azwar, SP, MP dan dihadiri oleh Koordinator BPP Secanggang, 5 orang PPL serta perwakilan 3 orang petani.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020