Polbangtan Medan pada hari ini,  Senin 12 Oktober 2020 mengadakan masa bimbingan dasar mahasiswa (Mabidama) dilakukan secara virtual. 

"Mabidama ini diikuti seluruh 155 orang jumlah mahasiswa baru," kata Direktur Polbangtan Medan, Yuliana Kansrini, di Medan (12/10).

Polbangtan Medan sebelumnya secara teknis sudah menyosialisaikan persiapan Mabidama tersebut secara daring ke seluruh jumlah mahasiswa baru itu pada Jumat, (9/10).

Baca juga: Polbangtan Medan "workshop" perencanaan perkuliahan semester ganjil secara online

Dia menyebut Mabidama wajib diikuti mahasiswa baru. Sebab, adalah pondasi dasar bagi mahasiswa baru untuk membentuk sikap dan karakter jiwa yang baik. Sehingga membentuk lulusan sebagai qualified job creator dan qualified job seeker.

Kemudian,  bermental baja, pekerja keras, pekerja cerdas, wirausaha muda pertanian yang profesional, sebagai generasi muda milenial pertanian yang mandiri, professional dan berdaya saing, katanya.

"Pengembangan karakter ini termasuk salah satu cara mendapatkan nilai kepribadian. Dan nilai Kepribadian adalah salah satu syarat penting untuk dapat mengikuti ujian semester di Polbangtan Medan," sambungnya. 

“Nilai Kepribadian itu minimal B. Jika nilai kepribadian seorang mahasiswa itu C, maka mahasiswa yang bersangkutan tidak dapat mengikuti ujian semester," tegasnya.

Jadi, tambahnya, harus lulus nilai kepribadian dulu baru bisa mengikuti ujian semester. Nilai-nilai kepribadian itu terdiri dari budi luhur, kedisiplinan, inovasi dan kerjasama. 

"Itulah urgensi adanya pengembangan karakter ini” jelas Yuliana yang didampingi Dwi secara virtual kepada mahasiswa baru Polbangtan Medan saat sosialisasi yang dibuka Wakil Direktur III, Dwi Febrimeli, dengan Ketua Panitia John Kedan.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020