Personel Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-109 TA 2020 di wilayah enam Kodim jajaran Kodam I/BB diharapkan menjadi pelopor penegakan disiplin protokol kesehatan pencegahan COVID-19 kepada masyarakat di desa.

"TMMD harus dimanfaatkan untuk semakin menyadarkan warga masyarakat pentingnya menerapkan disiplin protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga berperan aktif melakukan pencegahan dan memutus mata rantai penyebaran Virus Corona (COVID-19) yang sampai kini masih mewabah," ujar Kapendam I/BB Kolonel Inf Zeni Djunaidhi di Medan, Kamis (24/9).

Ia menyebutkan Satgas TMMD juga sangat diharapkan bisa tampil sebagai panutan dalam penegakan disiplin protokol kesehatan bagi warga masyarakat di sekitarnya.

Baca juga: TMMD ke-109 ubah "jalan tikus" demi peningkatan ekonomi warga Tarabintang Humbahas

"Memberikan pemahaman secara terus-menerus tentang pentingnya mematuhi protokol kesehatan menjadi aktivitas tambahan para personel Satgas di sela-sela kegiatan pengerjaan sasaran fisik TMMD," ujarnya.

Djunaidhi mengatakan inti dari tujuan sosialisasi pendisiplinan protokol kesehatan ini adalah membentuk warga pedesaan yang pro aktif untuk melakukan langkah-langkah pencegahan COVID-19 di lingkungan tempat tinggalnya, baik kepada keluarganya masing-masing, tetangga sehingga tercipta gerakan simultan dalam upaya memutus rantai penyebaran COVID-19.

Baca juga: Hari kedua TMMD ke-109, Kodim 0210 terapkan prokes pandemi COVID-19

Seluruh personel Satgas TMMD agar memberikan edukasi pencegahan penyebaran COVID-19 ini secara persuasif dan humanis kepada warga masyarakat.

Tetap manfaatkan setiap waktu yang ada guna membangun kesadaran kolektif warga masyarakat di pedesaan untuk menerapkan disiplin protokol kesehatan.

"Jangan kendor untuk mengajak warga agar membiasakan diri memakai masker, menjaga jarak, tidak berkerumun, rajin mencuci tangan, dan rutin berolahraga guna meningkatkan daya tahan (imun) tubuhnya sehingga terlindung dari penyebaran COVID-19," katanya.

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020