Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tapanuli Utara, Alexander Gultom mengungkapkan, jumlah warga yang terpapar COVID-19 kembali meningkat menjadi sebanyak 15 orang, setelah satu orang dinyatakan terkonfirmasi hasil tes usap.

"Satu orang yang merupakan kontak dari NA terkonfirmasi positif hasil tes usap. Hingga saat ini total sebanyak 15 warga Taput diisolasi untuk mendapatkan perawatan intensif di RSU Tarutung," ungkap Alexander kepada ANTARA, Jumat (4/9).

Dikatakan, pasien kelima belas merupakan kontak ketiga NA yang terpapar COVID-19.

Baca juga: Sehari, kasus positif COVID-19 di Taput bertambah 8 orang

Sebelumnya, juru bicara gugus tugas penanganan COVID-19 Taput, Indra Sahat Simaremare mengatakan, pada Rabu, 2 September 2020 lalu, sebanyak delapan orang warga yang diduga kuat terpapar dari pasien terdahulu, yakni TMN dan NA, telah dinyatakan terkonfirmasi positif COVID-19 hasil tes usap.

Kedelapan pasien terkonfirmasi dinyatakan sebagai kontak erat dari dua pasien terdahulu yakni TMN yang merupakan Kepala sebuah SMPN di Tarutung, serta kontak erat dari NA, pegawai Dinas Pariwisata Taput.

Dimana, sebanyak 6 orang kontak TMN terkonfirmasi positif terpapar virus corona.

Baca juga: 5 ASN Taput positif COVID-19, GTPP : Transmisi lokal belum terjadi

Sementara, hasil penelusuran atas kontak erat NA, juga terdapat dua orang yang terkonfirmasi positif COVID-19 hasil tes usap.

"Tiga orang lainnya yang juga mengalami kontak erat dengan NA turut menjalani tes usap, namun hasilnya belum keluar," terang Indra, Rabu lalu.

Terakhir, satu dari tiga orang kontak erat NA lainnya yang hasil tes usapnya telah keluar dinyatakan terkonfirmasi positif.

"Seluruh pasien terkonfirmasi sudah menjalani perawatan medis di ruang isolasi RSU Tarutung," tukasnya.

Pewarta: Rinto Aritonang

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020