Juru bicara gugus tugas penanganan COVID -19 Kabupaten Tapanuli Utara Indra Sahat Simaremare mengungkapkan, dalam sehari 8 orang warga yang diduga kuat terpapar dari pasien terdahulu, yakni TMN dan NA, dinyatakan positif terpapar COVID-19 hasil tes usap.

"Dalam satu hari ini terdapat penambahan 8 orang warga yang terkonfirmasi positif COVID-19 hasil swab test," ujar Indra dalam siaran persnya kepada ANTARA, Rabu (2/9).

Kedelapan pasien terkonfirmasi dinyatakan sebagai kontak erat dari dua pasien terdahulu yakni TMN yang merupakan jepala sebuah SMPN di Tarutung, serta kontak erat dari NA, pegawai Dinas Pariwisata Taput.

Baca juga: ASN positif COVID-19 bertambah di Taput, selain Kepala SMPN, pegawai Dinas Pariwisata juga terpapar

Baca juga: 5 ASN Taput positif COVID-19, GTPP : Transmisi lokal belum terjadi

"Hasil penelusuran terhadap warga yang mengalami kontak erat dengan TMN, pasien positif COVID-19, telah ditemukan sebanyak 6 orang yang juga terkonfirmasi positif terpapar virus corona," sebutnya.

Selain itu, hasil penelusuran atas kontak erat NA, juga terdapat dua orang yang terkonfirmasi positif COVID-19 hasil tes usap.

Baca juga: Pasien terkonfirmasi positif COVID-19 di Sumut tembus 7.000 orang

"Sementara tiga orang lainnya yang juga kontak erat dengan NA turut menjalani tes usap, namun hasilnya belum keluar," terangnya.

Dikatakan, saat ini seluruh pasien terkonfirmasi sudah dirawat di ruang isolasi RSUD Tarutung.

"Kita mengimbau agar seluruh masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan, selalu gunakan masker, jaga jarak dan rajin mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir," tukasnya.

Pewarta: Rinto Aritonang

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020