Bupati Mandailing Natal, Drs Dahlan Hasan Nasution melakukan peninjauan irigasi ke areal persawahan sungai Dano – Saba Palas wilayah Sihepeng raya Kecamatan Siabu, Kamis (3/9).

Peninjauan ini dilakukan Bupati setelah sebelumnya para warga mengeluhkan kondisi irigasi persawahan mereka banyak yang rusak.

Dalam peninjauan irigasi yang mengaliri persawahan seluas ratusan hektar yang ada di enam Desa Sihepeng raya itu Dahlan Hasan turut juga di dampingi Camat Siabu, Ali Imsar Nasution.

Baca juga: Warga hibahkan tanah untuk akses jalan ke STAIN

Mengetahui hal itu, Bupati Madina Dahlan Hasan Nasution didampingi Camat Siabu Ali Imsar Nasution turun meninjau sungai irigasi yang mengaliri persawahan seluas ratusan hektar di 6 desa Sihepeng raya itu, Kamis (3/9/2020)

Tokoh masyarakat Sihepeng raya, H Sahman Nasution kepada Bupati menyampaikan, sungai irigasi tersebut merupakan sumber pengairan ke areal persawahan yang ada di Sihepeng.

“Ini sumber pengairan sawah warga yang luasnya ratusan hektar. Belakangan ini terjadi pendangkalan, harapan kami pak Bupati bisa membantu melakukan pengerukan dan pelurusan sungai,” kata Sahman Nasution didampingi sejumlah Kepala Desa lainnya.

Baca juga: Peringati tahun baru Islam, Ustadz Solmed ceramah di Madina

Sahman Nasution yang merupakan mantan anggota DPRD Tapsel itu menyebut, irigasi sungai Dano - Saba Palas itu panjangnya 1,5 kilometer.

Bupati Madina kepada warga dan kepala desa setempat mengatakan dalam waktu dekat akan menurunkan alat berat untuk mengerjakan pelurusan sungai tersebut.

Namun, Bupati meminta agar kepala desa tersebut mengadakan musyawarah agar tidak ada permasalahan soal kerusakan tanaman apabila sudah dikerjakan nantinya.

“Saya minta kiranya kepala desa dan tokoh masyarakat begitu juga tokoh agama musyawarah dulu, undang semua pemilik lahan yang di pinggir sungai, supaya nanti saat pengerjaan tidak ada yang komplain tanamannya rusak dan sebagainya," sebut Dahlan.

Pewarta: Holik

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020