Kapolres Simalungun AKBP Agus Waluyo menyatakan kesiapan mengamankan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati pada 9 Desember 2020 demi terciptanya pesta demokrasi yang aman dan lancar.

"Seluruh jajaran Polres Simalungun akan dikerahkan secara maksimal dan berusaha maksimal," katanya di Pasar Baru Perdagangan I, Kecamatan Bandar, Kabupaten Simalungun, Kamis (3/9).

Bahkan Kapolres yang didampingi Kasat Intelkam AKP Restuadi menekankan seluruh personel agar tetap menjaga netralitas.

Baca juga: Salip kendaraan di tikungan, pengendara motor tewas terlindas mobil

Dikatakan, kunjungan ke daerah-daerah sebagai upaya antisipasi gangguan pelaksanaan pilkada dengan melakukan mapping (pemetaan) potensi kerawanan. 

Pihaknya juga melakukan patroli ciber untuk antisipasi provokasi melalui media daring atau media sosial dalam mempublikasikan sesuatu. 

Baca juga: Simalungun kirim 34 qori qoriah di MTQN tingkat Sumut

Selain itu, pengecekan material logistik, fisik kendaraan, pelatihan pengendalian masa dan pembekalan kepada penyidik yang nantinya bergabung di sentra Gakkumdu menangani pelanggaran Pilkada.

Sekaitan pelaksanaan Pilkada yang masih dalam masa pandemi COVID-19, Kapolres juga mengingatkan masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. 

Imbauan menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun dan tetap menjaga jarak serta menghindari kerumunan dirangkai dengan pembagian masker kepada warga sekitar. 

Pewarta: Waristo

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020