Batu Nanggar Jati di Desa Hutapadang, Kecamatan Arse, Kabupaten Tapanuli Selatan siap menyambut ratusan tamu Kelompok Pencinta Alam (KPA) berbagai daerah dalam rangka "Nanggar Jati Camp 2020" yang digelar FPPSN.

Sekretaris FPPSN (Forum Pemuda Peduli Sipirok-Narobi) Fadjri Iklhas Tambunan, di Sipirok pada Jumat (28/8), menyatakan persiapan panitia (masyarakat) menyambut para tamu dari berbagai sudut daerah sudah tidak ada kendala.

Baca juga: Bupati Tapsel ajak masyarakat jalin kekompakan demi pembangunan berkelanjutan

"Persiapan kita sudah lebih 90 persen, termasuk lokasi (lapak kemah) di kaki Batu Gunung Nanggar Jati seluas lebih kurang 3 ha sudah dibenahi bersama masyarakat dengan cara bergotongroyong," katanya.

Tinggal persiapan hari ini, tambahnya, memasang tanda pada jalur jungle track sepanjang lebih kurang 3 km untuk pengenalan lingkungan hutan di sekitar Batu Nanggar Jati.

"Kiranya kegiatan yang bertujuan menjadikan Nanggar Jati menjadi destinasi wisata sekaligus menjadikan Arse sebagai pilot project pengembangan wisata di wilayah regional Sipirok-Narobi (Sipirok, Arse, SD.Hole, dan Aek Bilah) di 2021 berjalan baik berkat semua pihak terkait," harapnya.

Baca juga: Cegah COVID-19, Bupati Tapsel serahkan wadah cuci tangan portabel ke GKPA Arse

Menurut Ketua FPPSN Indra Muda Siregar  kegiatan "Nanggar Jati Camp 2020" atau "Arse Camping Day 2020 in Nanggar Jati" yang digerakkan FPPSN dan KPA Gemar (Generasi Muda Arse) merupakan momentum untuk kebangkitan sektor pariwisata di Sipirok - Narobi.

"Soalnya selain Batu Nanggar Jati, alam Arse masih menyimpan potensi wisata seperti Sappuran (Air Terjun) Dapparan, Arung Jeram di Aek (Sungai) Siguti dan Silo, yang apabila berkembang akan dapat membuka peluang ekonomi atau usaha baru masyarakatnya," terangnya.

Sebelumnya diwartakan bahwa kegiatan "Arse Camping Day 2020 in Nanggar Jati" ini akan berlangsung dari 29-30 Agustus 2020, dan rencananya akan dihadiri sekaligus dibuka Bupati Tapsel Syahrul M.Pasaribu.

Lebih jauh Fidjri mengatakan sejauh ini sudah lebih 150 kelompok pencinta alam dari berbagai sudut wilayah Sumatera dan Jawa menyatakan ikut meramaikan "Nanggar Jati Camp 2020" sambil menikmati pesona Sipirok-Narobi.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020