Sosialisasi konsep dan kebijakan kemitraan konservasi di kawasan Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL), dengan melibatkan masyarakat disekitar hutan.

Dalam sosialisasi itu, Kamis (13/8) ,melibatkan juga Muspika yaitu Camat Besitang Ibnu Hajar, S. Sos, Sekcam Kecamatan Sei Lepan M. Iqbal Ramadhan, SE, Dan Ramil Besitang Kapten Arh. A. Riadi, Dan Ramil Brandan Barat Kapten Inf Sudirman, Kapolsek Besitang AKP Armansyah Harahap, Kapolsek Pangkalan Berandan AKP P S Simbolon, SH.

Baca juga: Kecamatan Sei Bingai penopang lumbung pangan Langkat

Selain itu juga hadir Kepala Seksi Wilayah 6 Kawasan TNGL Besitang Sei Lepan Johanes Okto Manik, Kepala BPTN Wilayah III Puswanto, Ketua Yayasan Pesona Tropis Alam Indonesia (PETAI) Masrijal, dan peserta sosialisasi kepala desa Kecamatan Besitang dan Kecamatan Sei Lepan yang berbatasan langsung dengan kawasan TNGL.

Baca juga: Sekda: Langkat siapkan desa aman COVID-19

Dimana pertemuan itu guna membentuk dan melakukan pembinaan serta mengelola kegiatan masyarakat sekitar kawasan TNGL untuk menjaga kelestarian Kawasan TNGL dengan membentuk KTHK (Kelompok Tani Hutan Konservasi).

Dimana KTHK yang sudah terbentuk ada 11 kelompok KTHK dengan jumlah anggota 408 kepala leluarga dengan luas wilayah 738,38 hektare. Selain itu melakukan pembinaan KTHK dengan memanfaatkan kawasan konservasi TNGL untuk menambah perekonomian anggota KTHK dengan tidak merusak kawasan konservasi TNGL.

Serta memberikan pemahaman kepada warga masyarakat perbatasan dengan kawasan konservasi tentang pentingnya merawat dan melestarikan kawasan konservasi TNGL.

Pewarta: H.Imam Fauzi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020