Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, dewasa ini terus fokus pada peningkatan kualitas dan fasilitas dengan mengikuti perkembangan global.

"UMSU terus berupaya dengan sungguh-sungguh dan kerja keras untuk mewujudkan cita-cita menjadi universitas berkelas internasional," kata Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), Dr Agussani di Medan, Senin (10/8).

Berbagai prestasi juga sudah berhasil diciptakan mahasiswa UMSU baik tingkat lokal maupun nasional, yang tentunya berbagai keberhasilan tersebut cukup membanggakan.

Baca juga: UMSU juara debat mahasiswa nasional berbasis daring

Ia menjelaskan, UMSU juga berhasil meraih predikat Akreditasi A untuk perguruan tinggi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi, sekaligus menjadi satu-satunya perguruan tinggi swasta di Sumatera yang berhasil meraih akreditasi A dan kedua di Indonesia di luar Pulau Jawa.

"UMSU merasa sangat bersyukur karena sukses meraih akreditasi perguruan tinggi dengan peringkat A. Hal ini tidak terlepas dari dukungan semua pihak termasuk alumni dan pemangku kepentingan," katanya.

Prestasi terakhir yang dicapai, UMSU meraih 43 hibah Pekan Kreatifitas Mahasiswa (PKM) yang dibiayai oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Baca juga: Dua prodi di Fakultas Kedokteran UMSU raih akreditasi A

Jumlah itu terbanyak di Lingkungan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah I Sumatera Utara, sekaligus menempatkan UMSU di urutan 24 di tingkat nasional dan urutan 4 PTS se Indonesia.

Ketua Student Research And Creative Center UMSU, Fatimah Sari, MPd mengatakan, ajang PKM bertujuan tidak hanya mengasah kemampuan menulis proposal saja, tetapi merupakan proses dalam pembelajaran sebagai mahasiswa,.

PKM menjadi wadah bagi mahasiswa untuk mengasah kemampuan menjadi pemimpin yang memiliki kemandirian serta menjadi pribadi kreatif dan inovatif.

Selain itu PKM juga mengasah keberanian dan semangat berkompetisi serta kemampuan kerja sama, dan tanggung jawab

Lebih lanjut, untuk bisa memenangkan hibah, setiap proposal yang disusun harus memenuhi kriteria penilaian yang disusun Kementerian dan Kebudayaan. Proposal PKM yang dikirimkan harus benar-benar komperatif dan tidak ada batasan topik.

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020