Tim Unit Debating Society Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) sukses meraih juara pertama pada ajang Kompetisi Debat Daring Siswa dan Mahasiswa Nasional yang diselenggarakan oleh BEM FISIP Universitas Negeri Riau.

"Prestasi ini sangat membanggakan, dan terasa istimewa karena kita dalam suasana menghadapi pandemi COVID-19," kata Rektor UMSU, Dr Agussani di Medan, Senin (20/7).

Dalam ajang kompetisi debat daring yang diikuti para debater dari sejumlah universitas ternama itu, tim UMSU yang diwakili  oleh Fiqi Ilham, Dinda Ulina Putri Harahap, dan Ridho Irawan berhasil mengalahkan tim Universitas Indonesia pada babak final. 

Selain itu, Debater UMSU, Dinda Ulina Putri Harahap berhasil meraih best speaker.

Ia mengatakan sukses yang diraih tim debat UMSU  merupakan hasil pembinaan yang dilakukan secara berkesinambungan. 

Hal ini sekaligus menunjukkan proses kaderisasi dengan mempersiapkan tim pelapis berjalan baik.

"Keberhasilan UMSU meraih dan mempertahankan prestasi di ajang debat menunjukkan, kaderisasi dan pembinaan yang dilakukan selama ini telah berjalan baik. Tentu untuk bisa meraih dan mempertahankan prestasi harus ada tim pelapis yang dipersiapkan," katanya.

Dia berharap,  prestasi tim debat UMSU di tingkat  nasional ini bisa  menjadi motivasi bagi mahasiswa lainnya untuk aktif dalam berbagai kegiatan positif yang nantinya di harapkan mampu membawa nama baik lembaga. 

Baca juga: Dua prodi di Fakultas Kedokteran UMSU raih akreditasi A

Meskipun dalam suasana work from home dan study from home tidak menghalangi mahasiswa untuk melahirkan karya dan kreatifitasnya.

“Keberhasilan ini tentunya tidak terlepas daripada komitmen Tim UDS UMSU dalam berlatih dan mempersiapkan diri dalam mengikuti lomba," katanya.

Ia menyebutkan keberhasilan tim debat  UMSU telah membawa nama baik lembaga  universitas dan Muhammadiyah. 

Diharapkan tim debat ini tidak terlena dengan tetap berlatih dan mengasah kemampuan sehingga bisa mempertahankan dan meraih prestasi di event dan kegiatan selanjutnya.

"Terus berlatih dan harus ada pelapis sehingga UMSU bisa mempertahankan prestasi dalam lomba debat bahasa Inggris ke depannya,” katanya.

Berikut daftar  pemenang  kompetisi  debat daring yang digelar BEM FISIP Universitas Negeri Riau yakni juara 1 Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, juara 2  Universitas Indonesia, juara 3 Universitas  Brawijaya, dan juara 4 Universitas Lampung.

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020