Kodam I Bukit Barisan menyiapkan Satuan Sigap COVID-19 dalam melaksanakan operasi pendisiplinan protokol kesehatan guna mewujudkan masyarakat produktif dan aman dari COVID-19.

Hal tersebut dilaporkan Asisten Operasi Kasdam I/BB Kolonel Inf Kristomei Sianturi kepada Asops Kasad Mayjen TNI Surawahadi tentang tindak lanjut Penyiapan Satuan Sigap COVID-19 Kodam I/BB melalui video conference di Makodam I/BB, Medan, Kamis (30/7).

Ia mengatakan, Satuan Sigap COVID-19 Kodam I/BB juga memberikan sosialisasi dan edukasi kepada prajurit dan keluarganya serta masyarakat dengan menggunakan kearifan lokal.

Baca juga: Pasien sembuh COVID-19 di Sumut terus meningkat, hari ini bertambah 266 orang

"Juga membuat protokol kesehatan bagi prajurit pada saat latihan, membuat protokol kesehatan di lingkungan kerja kantor serta membuat protokol kesehatan saat bepergian," ujar Kristomei.

Pada kesempatan tersebut, Asops Kasad Mayjen TNI Surawahadi juga menyampaikan tahapan sosialisasi harus bisa dipahami dan dipatuhi oleh masyarakat.

Baca juga: 64.292 penderita COVID-19 di Indonesia dinyatakan sembuh

"Inti keberhasilan masyarakat produktif dan aman COVID-19 adalah kedisiplinan dan kesadaran kolektif dalam mematuhi protokol kesehatan," ucap dia.

Selain itu mengaktifkan fungsi penerangan Kodam dan Korem bekerja sama dengan Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas daerah dengan membuat pamflet, tulisan di media cetak, media online serta media TV atau Radio.

"Berkoordinasi dengan seluruh unsur Pemda dan Polri secara terus-menerus dalam rangka pendisiplinan masyarakat terhadap protokol kesehatan," katanya.

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020