Pencocokan dan penelitian (coklit) oleh Petugas Pemutakhiran Data Pilih (PPDP) khusus Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan sudah mencapai 50 persen.

"Dalam sepekan sejak Coklit serentak dimulai 15 Juli 2020 hasilnya sudah mencapai 50 persen," kata Ketua PPK (Panitia Pemilih Kecamatan) Sipirok Lauddin Siregar kepada Antara, di Sipirok pada Rabu (22/7).

Dalam menjalankan tugasnya PPK pro aktif memantau dan sebagian mendampingi 98 orang PPDP mencoklit di 34 desa dan wnam kelurahan se Kecamatan Sipirok.

"PPDP terus kita pantau dan bahkan dampingi hingga desa paling jauh seperti Desa Panaungan, Pangaribuan, Dolok Sordang, Barnak Koling, bahkan Desa Pargarutan Luat Harangan yang jangkauannya jauh berbatas Paluta," katanya.

Sesuai A-KWK dari KPU mencatat data pemilih untuk Pilkada memilih Bupati dan Wakil Bupati Tapanuli Selatan 09 Desember 2020 untuk Wilayah Sipirok yang dicoklit berjumlah 25.755 jiwa atau 9725 kepala keluarga memiliki 98 TPS.

"Yang jelasnya PPDP yang melakukan coklit dari rumah ke rumah tidak ada kendala, mudah-mudahan sebelum waktu coklit berakhir 13 Agustus 2020 terkait coklit sudah dapat selesai," targetnya.

Menurut dia, lancarnya pencoklitan tidak lepas tingginya atensi serta sambutan baik masyarakat dalam memberikan data-data keluarganya seperti KTP dan KK yang disesuaikan dengan data A.KWK.

"Dalam tugasnya PPDP tetap mengedepankan protokol kesehatan upaya menghindari COVID-19 lalu diberikan A.A.1 KWK yang kemudian dinding rumahnya ditempeli stiker A.A.2-KWK tanda penghuni rumah sudah dilakukan coklit," tandasnya.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020