Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Deli Serdang memasang Warning Receiver System (WRS) New Generation, alat penyebarluasan informasi gempa bumi dan peringatan dini tsunami generasi baru di Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Asahan.

Kepala Stasiun Geofisika Deli Serdang, Teguh Rahayu, melalui keterangan tertulisnya yang diterima di Asahan, Sabtu, mengatakan pemasangan WRS sebagai tindak lanjut dari rencana pemasangan 11 WRS New Gen di Sumatera Utara.

Baca juga: BMKG Deli Serdang lakukan mikrozonasi gempa bumi di Belawan

Baca juga: BMKG pasang WRS di Stasiun Geofisika Deliserdang

"Dengan adanya alat tersebut nantinya pemangku kepentingan akan lebih cepat mendapatkan informasi jika terjadi gempa bumi," katanya.

Ia mengatakan tujuan pemasangan WRS New Gen tersebut sebagai langkah percepatan informasi gempa bumi dan tsunami secara seketika dan merupakan terobosan baru BMKG.

Percepatan penyebarluasan informasi gempa bumi dan peringatan dini tsunami, katanya, memastikan pemangku kepentingan di daerah Asahan, khususunya pemangku kepentingan terkait dengan kebencanaan, dapat mengambil langkah penting selanjutnya secara cepat dalam penanganan bencana.

"Dengan kata lain pemasangan alat WRS tersebut benar-benar memberikan manfaat nyata dalam menyelamatkan masyarakat di sekitar Asahan dari bencana," kata perempuan yang biasa disapa Ayyu tersebut.

WRS generasi baru itu merupakan peralatan penerima informasi gempa bumi dan peringatan dini tsunami berupa "smart display".

Peralatan WRS generasi baru itu mampu menyajikan informasi dalam kurun waktu kurang dari tiga menit setelah terjadi gempa bumi dan diharapkan akan memudahkan dalam respons cepat untuk memberikan informasi dini kepada pemangku kepentingan.

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020