Pagelaran MTQ ke-37 tingkat Sumatera Utara yang semula dijadwalkan 1 - 9 April 2020 di Tebing Tinggi dan harus ditunda karena bencana non alam pandemi COVID-19, dijadwal ulang yang direncanakan akan dilaksanakan awal September 2020.

Hal ini terungkap dalam Rapat Koordinasi persiapan MTQ ke-37 LPTQ Sumut, Pemko Tebing Tinggi dan para utusan masing-masing kafilah utusan daerah, Sabtu (20/6) di balai kartini baru Tebing Tinggi

Rapat dihadiri Ketua LPTQ Sumut  H Asren Nasution, Wali Kota.H Umar Zunaidi Hasibuan dan unsur pimpinan FKPD dan Dinkes Provsu. 

Baca juga: MTQ ke-37 Sumut di Tebing Tinggi ditunda sampai Mei 2020

Baca juga: MTQ di Tebing Tinggi tunggu putusan Gubsu, ditunda atau dilanjutkan

Dalam kesempatan tersebut Wali Kota Tebing Tinggi menyatakan kesiapan Pemko Tebing Tinggi menjadi tuan rumah MTQ ke-37 tingkat Sumatera Utara setelah dilakukan penjadwalan ulang. 

Dalam pelaksanaan nantinya MTQ ke 37 ini tetap dengan mempedomani Protokol Kesehatan yang berlaku dari Pemerintah Pusat dan Provinsi. 

Disampaikan Wali Kota kami memperoleh arahan dari Mendagri bahwa kegiatan umum seperti ini masih boleh dilaksanakan

Selain hal itu Gubernur Sumut juga sudah memberikan arahan, dari konsep new normal kegiatan keagamaan diberikan relaksasi, dengan tetap dilakukan mematuhi protokol kesehatan. 

Ketua Panitia LPTQ Palit Muda Harahap menjelaskan dari hasil rapat koordinasi ini, "kita telah menetapkan jadwal ulang MTQ ke 37 dilaksanakan Insya Allah awal September 2020." tambahnya.

Dan ditetapkan dalam pelaksanaannya MTQ ke- 37 dilaksanakan dengan SOP yang sudah disesuaikan dengan kondisi saat ini yakni mematuhi protokol kesehatan harus dijalankan. 

Dinas Kesehatan Provsu dalam rapat tersebut menyarankan kiranya para kafilah yang berasal dari daerah-daerah didampingi oleh seorang dokter. 

Hal ini akan dapat membantu dan berkoordinasi dengan petugas kesehatan yang disiapkan oleh Pemerintah Kota Tebing Tinggi 

 

Pewarta: Dhani Elison

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020