Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting berjanji akan memperjuangkan anggaran pembangunan dua masjid yang ada di Kabupaten Tapanuli Tengah. Anggaran itu nantinya akan ditampung di APBD murni Pemprov Sumut..

Demikian diungkapkan Baskami Ginting ketika dikonfirmasi ANTARA, Selasa (2/6/2020) di sela-sela kunjungan kerjanya ke Kabupaten Tapanuli Tengah bersama anggota DPRD Sumut dari Dapil IX.

“Dulu sudah ada proposal ini, dan pembangunan masjid ini sekaitan dengan kedatangan bapak Presiden Joko Widodo ke Kabupaten Tapanuli Tengah. Dan ini sudah dijanjikan dulu. Jadi nanti akan diperjuangkan DPRD Sumut di APBD murni Pemprovsu,” ujarnya.

Baca juga: Ketua DPRD Sumut "angkat tangan" atas penanganan COVID-19 di Tapteng

Baca juga: Mobil rombongan dari Siantar laka tunggal di Tapteng, 2 meninggal

Terkait hal itu, Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani mengaku terharu dan sekaligus bangga atas respon dari Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting. Menurut Bupati, Ketua DPRD Sumut adalah sosok pemimpin semua agama yang ada di Sumut.

“Kenapa saya katakan demikian, karena bapak Baskami ini beragama Nasrani tetapi siap berjuang untuk menampung anggaran pembangunan dua masjid di Kabupaten Tapanuli Tengah, tepatnya di Pandan dan di Kecamatan Barus melalui APBD Provinsi. Saya betul-betul terharu atas perhatian dan niat tulus beliau. Kami doakan pak Ketua sehat selalu dan semakin sukses,” kata Bupati.

Dijelaskan bupati, pembangunan kedua masjid itu terkait kunjungan Presiden Jokowi sekitar bulan Maret 2017 ke Barus. Wakut itu Plt Bupati adalah Bukit Tambunan. Jadi untuk membangun wisata disepakatilah pembangunan masjid agar ada pendukung Titik Nol yang sudah diresmikan oleh Presiden.

“Besaran anggaran pembangunan kedua masjid ini sekitar Rp44 miliar, dan itu sudah diperujuangkan di tingkat Provinsi Sumatera Utara, dan sudah disahkan di Badan Anggara DPRD Provinsi. Namun karena ada sesuatu hal atau mungkin karena rasionalisasi anggaran, sehingga anggaran itu mungkin ditunda. Jadi hari ini kami terharu dan bangga, karena Ketua DPRD Sumut bapak Baskami Ginting yang kami banggakan akan berjuang untuk menampung anggaran ini. Dan kami juga mengucapkan terima kasih kepada pak Jubel, pak Taripar, pak Irwansyah dan bapak-bapak dewan yang lain yang hadir saat ini ke Tapanuli Tengah,” ungkapnya.

Ditambahkannya i, bahwa dana pembangunan kedua masjid sudah ada ditampung di APBD Tapteng sebanyak Rp8 miliar. Dengan rincian Rp5 miliar untuk masjid Pandan, dan Rp3 miliar untuk masjid Barus.

Turut hadir mendampingi Bupati dalam acara kunjungan kerja itu Kejari Sibolga Henri Nainggolan, Dandim 0211/TT Letkol Inf Dadang Alex, Danlanal Sibolga Letkol Laut (P) Andris Benhard Marimbun Simaremare, Kapolres Tapteng AKBP Nicolas Dedy Arifianto, dan sejumlah SKPD Tapteng.

Pewarta: Jason Gultom

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020