Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara mulai menyalurkan Bantuan Langsung Tunai yang bersumber dari APBD Taput sebesar Rp600 ribu per keluarga untuk 1.458 kepala keluarga sasaran, warga dari 11 kelurahan se-Taput.

"Pemerintah Pusat hingga Pemerintah Daerah tidak tidur, semua kerja keras menghadapi masa pandemi corona ini, yakni mengatasi korban terpapar COVID-19, masyarakat korban terdampak perekonomiannya, serta dampak sosialnya," sebut Bupati Nikson, di tengah agenda penyerahan bantuan tersebut di kompleks Rumah Dinas Bupati Taput, Tarutung, Sabtu, (30/5).

Bupati Nikson bersama Forkopimda Taput menyerahkan langsung BLT Rp600 ribu kepada warga penerima dari empat kelurahan di Kecamatan Tarutung, yaitu Kelurahan Hutatoruan V, Kelurahan Hutatoruan VI, Kelurahan Hutatoruan IX dan Kelurahan Situmeang Habinsaran Kecamatan Sipoholon.

Baca juga: Bupati Nikson beri sembako bagi "fotografer pesta" terdampak COVID-19

Baca juga: Skenario terpahit atasi COVID-19, Bupati Nikson: Satu positif, Taput lockdown

Dikatakan, bantuan uang tunai yang disalurkan bersifat stimulan sebagai penambah semangat di tengah pandemi COVID-19, dan bukan untuk seterusnya.

"Momen saat ini mengajak kita untuk lebih mengucapkan terima kasih kepada Tuhan serta berdoa meminta hikmat dan kebijaksanaan," ujarnya.

Nikson menekankan agar para penerima BLT mampu menyisihkan sebagian dana tersebut sebagai modal usaha walaupun secara kecil-kecilan. 

"Saya berharap BLT ini dapat disisihkan sebagai modal usaha bisa dengan beternak beberapa ekor ayam atau bebek ataupun modal untuk berladang di pekarangan. Walaupun usaha kecil-kecilan, paling tidak kita bisa antisipasi kebutuhan pangan kita sendiri. Silahkan warga membuat kolam budidaya ikan, saya pastikan alat berat kita akan turun untuk mencetak kolam termasuk akan diberikan bibit ikan," imbuh Nikson.

Penyaluran BLT untuk 11 Kelurahan ini dilaksanakan selama 4 hari berturut dan dimulai untuk empat kelurahan di Tarutung, untuk selanjutnya bagi warga kelurahan di Siborong-borong, kemudian kembali di Kecamatan Tarutung, dan terakhir untuk keluarga penerima di Kelurahan Onan Hasang dan Kelurahan Sarulla.

Pada kesempatan itu, Dandim 0210/TU, Letkol Czi Rony Agus Widodo juga berpesan agar penyerahan bantuan tepat sasaran. 

"Manfaatkan dengan baik bantuan ini. Kepada seluruh Lurah, manfaat bantuan ini harus tepat sasaran sehingga tidak menimbulkan konflik agar keamanan tetap terjaga," seru Dandim.

Pewarta: Rinto Aritonang

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020