Mahasiswa Polbangtan Medan gencar bercocoktanam dengan memanfaatkan pekarangan rumahnya masing-masing di tengah pandemi corona virus atau COVID-19.

Ahmad Nabawi salah satunya, mahasiswa semester 2 Polbangtan Medan beralamat di Dusun Paya Nibung 2, Desa Sei Buluh, Kecamatan Teluk Mengkudu, Kabupaten Serdang Bedagai misalnya.

Baca juga: Dimasa COVID-19, Polbangtan Medan giat ajak petani manfaatkan lahan pekarangan

Baca juga: Mahasiswa Polbangtan Medan asal Aceh peduli bencana banjir bandang

Selama masa proses pembelajaran "dari rumah saja" akibat wabah COVID-19, dia memmanfaatkan luang waktunya bertani menanami pekarangan rumahnya yang kosong berbagai jenis tanaman muda.

"Berbagai macam sayuran seperti seledri, tomat, dan cabai telah menghiasi pekarangan rumah. Hasilnya lumayan bisa untuk menutupi kebutuhan pangan keluarga di masa pandemi ini," katanya.

Dalam menanam sayuran, Nabawi menggunakan polybag yang di susun rapi di pekarangan rumah yang tak begitu luas. Bibitnya dia peroleh dari toko tani, dengan memanfaatkan pupuk kompos.

"Seledri, tomat, dan cabai selain mudah di tanam dan di rawat juga memiliki masa panen yang lebih singkat. Karenanya, semasa COVID-19 ini mari kita manfaatkan pekarangan rumah agar bernilai ekonomis," pungkasnya.

Dia menyatakan kegiatan budidaya sayuran, dan buahan dengan memanfaatkan pekarangan rumah tidak lepas dorongan dan motivasi Direktur Polbangtan Medan Yuliana Kansrini.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020