Perusahaan perkebunan kelapa sawit Asian Agri bersama Tanoto Foundation menyalurkan bantuan alat pelindung diri (APD) ke sejumlah rumah sakit untuk mendukung tenaga kesehatan memerangi wabah COVID-19 di Indonesia.

"Asian Agri menyerahkan bantuan berupa 20.000 pasang sarung tangan, 105 pakaian pelindung ICU/ICU, 2.500 pakaian pelindung/hazmat, 15.000 buah masker, dan 65 pasang kacamata pelindung," kata Hadi Susanto, Head Common Services Asian Agri didampingi Ariston Noverry Fau, Head Social Security & Licenses Asian Agri, Rabu (29/4).

Bantuan APD diserahkan kepada Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Haji Adam Malik di Jl. Bunga Lau No 17, Kec. Medan Tuntungan, Kota Medan dan diterima langsung Direktur Medik dan Keperawatan RSUP HAM dr Zainal Safri, SpPD-KKV, SpJP (K) RSUP Adam Malik, Medan.

Baca juga: Tanoto Foundation dan Asian Agri bantu APD untuk Sumut

Kebutuhan alat pelindung bagi para tenaga medis yang menjalankan tugas menangani pasien di tengah pandemi COVID-19 ini sangat mendesak, dan bantuan APD sangat besar artinya bagi rumah sakit yang menjadi rujukan pemerintah. Ketersediaan APD yang memadai dan sesuai standar akan melindungi para tenaga medis dari paparan virus yang dibawa pasien.

“Kami berterima kasih kepada Asian Agri atas donasi APD yang diberikan ke RSUP Adam Malik. Kebutuhan APD adalah salah satu yang terpenting dalam penanganan Covid-19 untuk melindungi paramedis dalam menjalankan tugasnya merawat pasien COVID-19,” ujar dr. Zainal Safri.

Lebih lanjut dr. Zainal menjelaskan bahwa kebutuhan APD lengkap per hari di rumah sakit tersebut sedikitnya 90 pasang. Sehingga dengan keterlibatan pihak swasta seperti Asian Agri bersama Tanoto Foundation sangat tepat.

Baca juga: Asian Agri latih kader Posyandu untuk tekan angka stunting di Sumut

“Pada awal wabah COVID-19, APD langka, saat sekarang APD sudah ada, namun harganya mahal. Sehingga adanya bantuan ini sangat tepat, dan kami sangat berterima kasih. Harapan kami keterlibatan banyak pihak dapat terus berlanjut dalam penanggulangan COVID -19 dan kiranya pandemik ini dapat segera berakhir,” lanjut dr. Zainal.

Ia juga menghimbau agar warga tetap di rumah, melakukan sosial distancing dan menggunakan masker. Sehari sebelumnya (Selasa,  28/04/2020) bantuan APD juga telah diberikan kepada Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sumatera Utara, yang diterima langsung oleh Wakil Gubernur Sumatera Utara, H. Musa Rajekshah.

Di setiap unit bisnis Asian Agri di Sumut, Riau dan Jambi, perusahaan juga melakukan beragam CSR untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Selain menyalurkan bantuan APD untuk para tenaga kesehatan yang menangani pasien Covid-19, guna mencegah penularan virus COVID-19, Asian Agri juga membagikan sebanyak 22.000 masker kain kepada masyarakat desa di sekitar unit bisnis Asian Agri yang tersebar di Sumut, Riau dan Jambi,” ujar Ariston usai menyerahkan bantuan di RSUP Haji Adam Malik.

Bantuan APD tersebut adalah bagian dari komitmen Tanoto Foundation dan RGE, termasuk Asian Agri menyalurkan alat pelindung diri kepada rumah sakit yang menjadi rujukan penanganan COVID-19. Membantu para tenaga medis di Indonesia memerangi COVID-19, dalam bentuk bentuk 1 juta masker, 1 juta sarung tangan, 3.000 pasang kacamata pelindung dan 100.000 baju pelindung ICU dan non-ICU.

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020