Perusahaan Listrik Negara Unit Induk Wilayah (PLN UIW) Sumatera Utara telah menyiapkan prosedur khusus untuk melakukan pencegahan terhadap penyebaran virus Corona (COVID-19).

General Manajer PLN UIW Sumatera Utara M.bIrwansyah Putra, di Medan, Rabu (1/4), mengatakan, antisipasi COVID-19 itu dilakukan sesuai dengan anjuran pemerintah sehingga pelayanan terhadap pelanggan tetap terjaga.

Ia menyebutkan, pada sisi pengamanan asset dan gedung, PLN UIW Sumut telah menerapkan kawasan terbatas dengan pemusatan akses ke luar masuk dan dilengkapi dengan alat pengukur suhu tubuh, serta hand sanitizer di setiap pintu.

Baca juga: Begini mekanisme pembebasan biaya tarif listrik

"Setiap tamu-tamu yang akan masuk ke kantor PLN UIW Sumut disemprotkan cairan disinfektan di ruangan khusus yang sudah kami sediakan, dan juga diukur suhu tubuh mereka," ujarnya.

Irwansyah mengatakan, seluruh ruangan kantor dan kendaraan dinas juga telah dilakukan penyemprotan disinfektan sejak 21 Maret 2020.

Selain itu, untuk mendukung program social distancing, PLN UIW Sumut mengurangi frekuensi rapat dan memanfaatkan teknologi komunikasi video conference, serta aplikasi Whatsapp dan Zoom.

Baca juga: PLN akan bebaskan tagihan listrik 24 juta pelanggan

Sesuai arahan PLN Pusat, saat ini pegawai PLN UIW Sumut sudah melaksanakan metode work from home (WFH) untuk bidang tertentu dengan pengaturan khusus sehingga tidak mengganggu proses pelayanan pelanggan.

Sistem WFH di PLN UIW Sumut pada awalnya hanya diperuntukkan bagi pegawai berusia di atas 52 tahun, hamil, menyusui, sakit tertentu, serta riwayat bepergian ke luar negeri dalam 14 hari terakhir.

Namun, jelasnya, dengan perkembangan penyebaran virus Corona dan sesuai arahan PLN Pusat, saat ini komposisi WFH diharapkan sebesar 90 persen dari jumlah pegawai per unit.

PLN UIW Sumut saat ini juga telah difasilitasi dengan aplikasi kehadiran melalui handphone pegawai yang dapat diakses dimanapun berada. Selama masa darurat COVID-19 ini, PLN UIW Sumut tetap melakukan proses pelayanan seperti biasa.

"Kami terus berusaha memberikan layanan terbaik di tengah kondisi darurat ini, terutama untuk pasokan listrik ke fasilitas kesehatan dan ke seluruh pelanggan, sehingga program pemerintah mengenai social distancing dapat berjalan lancar dan masyarakat nyaman untuk tinggal di rumah," katanya.

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020