Manajemen PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divre I Sumut kembali mengurangi empat perjalanan kereta api (KA) Medan - Binjai - Medan untuk semakin memaksimalkan pencegahan virus Corona (COVID -19)

Vice President PT KAI Divre I Sumut, Daniel Johannes Hutabarat di Medan, Senin, mengatakan, pengurangan perjalanan KA itu sesuai dengan arahan pemerintah untuk mengurangi mobilitas masyarakat di luar rumah.

Baca juga: Pencegahan COVID-19, Railink hentikan 38 perjalanan KA Bandara Kualanamu Sumut

Baca juga: KAI Sumut sudah kurangi 16 perjalanan KA cegah penyebaran COVID -19

Empat perjalanan yang dikurangi yakni KA U76 Srilelawangsa pukul 08.00 WIB (Medan - Binjai), KA U75 pukul 08.45 relasi Binjai - Medan, KA U86 ( Medan - Binjai) pukul 15.30 WIB dan KA U85 pukul16.30 WIB ( Binjai - Medan ).

"Pengurangan empat perjalanan.lagi itu dimulai tanggal 30 Maret 2020," ujarnya.

Dengan dihentikan sementara empat perjalananan KA di rute Medan - Binjai - Medan lagi, maka sudah 12 perjalanan yang dihentikan setelah sebelumnya ada empat perjalanan yang dihentikan.

Dia menegaskan, meski terdapat beberapa pengurangan jadwal perjalanan KA, KAI Sumut memastikan bahwa jarak antarpenumpang di KA tetap akan diterapkan yang diatur oleh petugas.

Daniel mengakui, secara total hingga saat ini pengurangan jumlah perjalanan KA untuk perjalanan KA jarak jauh dan lokal sudah sebanyak 20 perjalanan KA dari normalnya 52 KA per harinya.

"Jadi memang tinggal 32 perjalanan KA per hari yang masih beroperasi dan masih terus dievaluasi dengan melihat perkembangan situasi COVID -19," ujarnya.

Adapun untuk KA Bandara Kualanamu, katanya dari 50 perjalanan KA per hari tinggal 12 perjalanan KA yang masih beroperasi,.
 

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020