Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Sumatera Utara mengumumkan perkembangan terbaru kasus virus corona di provinsi itu hingga Kamis (26/3) menunjukkan lonjakan signifikan pada kategori orang dalam pemantauan (ODP) COVID-19.
 
"Hingga hari ini sebanyak 3.080 orang dalam pemantauan (ODP). Data ini meningkat 35.8 persen yang sebelumnya 1.976 orang," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Sumatera Utara dr Aris Yudhariansyah, Kamis sore.

Baca juga: Wali Kota Padang sumbangkan gaji enam bulan untuk penanganan COVID-19
 
Kenaikan juga terjadi pada pasien dalam pengawasan (PDP). Kenaikan mencapai 2.5 persen dari angka sebelumnya berjumlah 55, kini sudah 71 orang yang tersebar di 5 Kabupaten/Kota di Sumatera Utara.

Baca juga: Presiden Brazil sebut yang terapkan "lockdown" penjahat
 
Untuk pasien positif COVID-19, jumlahnya tidak berbeda dari hari sebelumnya yakni 9 orang. Begitu juga dengan negatif COVID-19 berjumlah 6 orang dan pasien sembuh berjumlah 3 orang.
 
"3 orang yang sembuh sudah dipulangkan, sedangkan yang 6 negatif COVID-19 masih dirawat," ujarnya. 
 
Ia mengimbau kepada masyarakat Sumatera Utara untuk tetap melakukan social distancing yang saat ini sudah diterjemahkan menjadi physical distancing.
 
"Yang artinya tidak hanya kita menjaga untuk tidak berada di luar rumah, tapi di dalam rumah tetap harus kita laksanakan. Kami harapan masyarakat bisa memahami betul terhadap penyakit ini. Sehingga kemudian tidak perlu ada kepanikan," ujarnya.

Pewarta: Nur Aprilliana Br. Sitorus

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020