Kabupaten Tapanuli Tengah dinyatakan masih aman dari virus corona (Covid-19) meskipun ada 20 orang yang dalam pemantuan atau ODP, karena baru pulang dari luar negeri.

Demikian dijelaskan Kadis Kesehatan Tapanuli Tengah Nursyam ketika dikonfirmasi ANTARA lewat ponselnya, Kamis (19/3/2020).

Baca juga: Kapolres Tapteng pantau kondisi jalan batu lubang dan dinyatakan lancar

Diakui Kadis, bahwa sejak minggu lalu telah dilakukan pemantauan terhadap 20 warga Tapteng yang baru pulang dari luar negeri. Dan hasil pemantuan sampai saat ini kondisi ke 20 ODP itu dalam keadaan sehat.

“Belum ada gejala yang mengarah ke Covid-19 masih aman cuma dipantau saja,” tulis Nursyam lewat pesan WA nya.
Dia pun mengimbau masyarakat Tapanuli Tengah agar lebih menjaga kebersihan dan berperilaku hidup sehat. Selain itu banyak makan sayur, banyak minum air putih dan mencuci tangan pakai sabun dengan air yang mengalir.

Baca juga: Kapolres Sibolga: Kita harus dekat dengan wartawan

Sebelumnya Kabid Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Tapanuli Tengah, Ewiya Laili yang dikonfirmasi di ruang kerjanya menjelaskan, langkah-langkah antisipasi yang dilakukan Pemkab Tapteng melalui Dinas Kesehatan guna menanggulangi virus corona.

Ia menyebutkan bahwa sudah disediakan ruang isolasi sebanyak 25 ruangan termasuk di masing-masing Puskesmas dan di RSUD Pandan. Menyiagakan mobil Ambulance, melakukan penyuluhan dan pencegahan kepada masyarakat tentang pola hidup sehat.

Laili juga meminta kepada seluruh masyarakat Tapteng yang baru pulang dari luar negeri agar bersedia memeriksa diri ke RSUD Pandan untuk berjaga-jaga dan mengetahui kondisi tubuhnya apakah ada tanda-tanda terdampak virus corona atau tidak.

“Hal ini sangat perlu demi menjaga kondisi kesehatan dan antisipasi penularan virus corona. Sekali lagi kami meminta kesadaran dari masyarakat Tapteng yang baru pulang dari luar negeri agar bersedia memeriksakan dirinya ke RSUD Pandan, sehingga kami lebih mudah untuk melakukan pengawasan dan pemantuan,” imbuhnya.

Untuk memberikan layanan informasi dan pengaduan terkait virus corona, Dinas Kesehatan Tapanuli Tengah telah membuka call center dengan nomor 085270407878  yang dapat dihubungi setiap saat.

 

Pewarta: Jason Gultom

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020