Kapolres Labuhanbatu AKBP Agus Darojat SIK MH menyambut baik keberadaan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat  (FKDM) dan Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Labuhanbatu Utara. Hal itu disampaikannya saat menerima pengurus FKDM dan FPK Labura didampingi pejabat dari Kesbangpol Labura di aula Tunggal Panaluan Mapolres Labuhanbatu, Kamis.
 
Suasana silaturrahmi FKDM dan FPK Labura dengan Kapolres Labuhanbatu AKBP Agus Darojat di aula Tunggal Panaluan Mapolres di Rantauprapat, Kamis. (ANTARA/Sukardi)

Baca juga: FKDM dan FPK Labura silaturrahmi dengan Kasdim 0209/LB

Baca juga: UNBK SMK di Labura lancar, minta bantuan Dinkes

Dalam arahnya,  Kapolres antara lain mengingatkan, pemilihan kepala daerah yang diikuti ratusan daerah Se-Indonesia merupakan prioritas pengamanan pada Tahun 2020. "Pelaksanakan pilkada serentak yang juga diikuti Labuhanbatu, Labura dan Labusel merupakan prioritas pengamanan 2020," katanya.

Didampingi Kapolsek Kualuhhulu AKP Sahrial Sirat SH MH, Agus menjelaskan,  sebenarnya pelaksanaan pilkada serentak sudah memiliki aturan dan koridornya. Tinggal bagaimana para pihak yang terlibat dapat melaksanakan fungsinya sesuai dengan aturan yang ada.

Diakuinya, pilkada yang aman tidak mungkin akan terwujud tanpa kerjasama dari berbagai pihak baik penyelenggara, bawaslu dan lainnya. "Kalau penyelenggara tidak independen, pasti akan ribut. Demikian juga jika bawal tidak menjalankan fungsinya, dan para pendukung calon tidak dapat menahan diri, maka hal it bisa memicu masalah keamanan," terangnya.

Karena itulah, Kapolres berharap keberadaan FKDM, FPK dan elemen masyarakat lainnya dapat turut menjaga situasi kondusif di daerah masing-masing sesuai dengan fungsi dan tugasnya. Dengan demikian, harapan pelaksanaan pilkada yang aman akan dapat terwujud,  khususnya di Labuhanbatu Raya.

Sebelumnya Ketua FKDM Labura Kapte (Purn) Setu Harsono menjelaskan maksud kedatangan mereka bersilaturrahim dengan orang pertama di jajaran Polres Labuhanbatu tersebut. "Sejak terbentuk, kami dari FKDM dan FPK belum pernah melakukan silaturahmi secara resmi," katanya.

Melalui pertemuan atau silaturahmi diharapkan, pihaknya akan mendapat masukan sebagai bekal dalam menjalankan roda organisasi agar dapat lebih maksimal. Turut mendampingi pada pertemuan itu H Adaman Sitorus SPd dan Oloan SE yang keduanya merupakan kepala bidang di Kesbangpol Labura.
 

Pewarta: Sukardi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020