Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) dan Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Labuhanbatu Utara bersilaturrahim dengan Kasdim 0209/LB MayorArh Muji Santoso di ruang kerjanya, Kamis. Pengurus FKDM dan FPK pada kesempatan itu didampingi dua Kepala Bidang dari Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Labura.

Ketus FKDM Labura Kapten (Purn) Setu Harsono pada kesempatan itu menjelaskan maksud dan tujuan mereka datang ke Kodim 0209/LB. "Sejak terbentuk baik FKDM maupun FPK belum pernah berdilaturrahim ke Kodim," katanya.

Baca juga: Cegah corona, Pemkab Labura bentuk tim gerak cepat

Padahal, keberadaan FKDM dan FPK tidak terlepas dari dukungan berbagai pihak, termasuk jajaran TNI. Apalagi dalam waktu dekat, Labura akan melaksanakan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak dengan ratusan provinsi, kabupaten dan kota se-Indonesia.

Baca juga: Antisipasi pemadaman listrik, panitia gunakan genset pada saat ujian CPNS

"Karena itulah kami mengharapkan  masukan dan bimbingan dalam melaksanakan tugas organisasi di tengah masyarakat," kata pria yang lama bertugas di jajaran Kodim 0209/LB sebelum purnatugas.

Menanggapi harapan forum itu, Kasdim menyebutkan,  langkah yang paling utama dilakukan adalah dengan menjalin komunikasi dengan berbagai pihak. Melalui komunikasi dan silaturrahmi, berbagai persoalan dapat diselesaikan, katanya.

"Jika ada perbedaan persepsi dan pandangan dalam suatu masalah, langkah pertama harus dilakukan adalah mempertemukan dan berkomunikasi dengan kedua pihak. Dengan komunikasi yang baik, biasanya masalah lebih mudah diselesaikan," ujarnya.

Persoalan yang terjadi di masyarakat, tambahnya, hendaknya dapat diselesaikan di daerah masing-masing. Kalau tidak bisa lagi,  barulah dibawa ke jalur hukum. Karena itu, Muji menyambut baik kehadiran FPK dan FKDM karena dapat membantu sebagian tugas TNI.

Pertemuan yang berlangsung akrab dan penuh kekeluargaan tersebut diakhiri dengan foto bersama.

Pewarta: Sukardi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020