Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara Prof Dr dr Arlinda Sari Wahyuni MKes FISPH FISCM mengatakan peran dokter terhadap pasiennya juga sebagai motivator dan memberikan penjelasan serta melibatkan pasien dalam pengambilan keputusan tentang penyakitnya.

"Komunikasi dokter dengan pasien yang efektif ditandai adanya proses yang interaktif antara dokter-pasien," kata Arlinda usai Pengukuhan Jabatan Guru Besar Tetap dalam Bidang Kesehatan Masyarakat pada Fakultas Kedokteran  Universitas Sumatera Utara (USU), di Medan, Senin.

Ia menyebutkan, juga perlunya penyampaian informasi yang timbal balik antara dokter dan pasien secara verbal maupun non verbal.

"Komunikasi yang kolaboratif, proaktif dan menghargai pendapat pasien dalam pengambil keputusan medis ternyata dapat membawa efek yang baik bagi outcome pengobatan," ujarnya.

Arlinda mengatakan, dokter perlu juga berempati terhadap permasalahan pasiennya dan mau mendengarkan keluhannya.

Selain itu, dokter juga memahami permasalahan keuangan pasien dan memberikan penjelasan utung ruginya pengobatan yang diberikan secara ekonomi.

Hal itu menunjukkan bahwa dokter harus memperhatikan pemahaman farmakoekonomi dalam pengobatan.Farmokoekonomi bukan berarti menunjukkan bahwa pasien diberikan obat yang murah.

"Namun farmakoekonomi disini adalah pemberian obat yang sesuai dengan standar dan menimbulkan kesembuhan yang optimal pada pasiennya sekaligus mempertimbangkan aspek sosial ekonominya," katanya.

Ia menjelaskan, pentingnya komunikasi yang efektif antara dokter dan pasien, ke depannya diharapkan pada seluruh praktisi medis, khususnya dalam menangani penyakit kronis seperti TB Paru, Hipertensi, Diabetes, HIV/AIDS, Asma dan lainnya dapat meningkatkan komunikasi yang efektif.

"Sesuai dengan fokus komunikasi dokter pasien dewasa, yaitu patient centered communication style, pola perawatan kesehatan yang berorientasi pada pemenuhan keinginan dan kebutuhan pasien," katanya.

Pengukuhan Prof Dr.dr. Arlinda Sari Wahyuni, M.Kes,FISPH, FISCM menjadi Guru Besar Tetap  pada Fakultas Kedokteran USU dilakukan oleh Rektor Universitas Sumatera Utara Prof Dr Runtung Sitepu,SH.MHum.

Dalam Pidato Pengukuhan yang berjudul "Harmonisasi Perilaku Pengobatan Penyakit Kronis pada Layanan Primer di Indonesia,".
 

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020