Menteri Dalam Negeri Australia Peter Dutton pada Jumat mengatakan hasil pemeriksaan kesehatan menunjukkan ia positif tertular jenis baru virus corona (COVID-19).

"Pagi ini saya bangun dengan demam dan tenggorokan nyeri. Saya langsung menghubungi Departemen Kesehatan Queensland dan langsung diperiksa untuk COVID-19. Saya diberi tahu oleh Departemen Kesehatan Queensland siang ini bahwa hasilnya positif," kata Dutton dalam pernyataan tertulis yang disiarkan oleh Kementerian Dalam Negeri.

Baca juga: Pelatih Arsenal Arteta positif corona

"Saya merasa baik dan akan melaporkan perkembangan terkait kondisi kesehatan saya," ujar dia.

Sejauh ini, Australia telah melaporkan 156 pasien positif COVID-19, yang tiga di antaranya meninggal dunia karena penyakit mirip influenza itu. Otoritas setempat memperkirakan jumlah pasien akan bertambah dalam beberapa minggu mendatang jelang musim dingin, demikian dilaporkan Reuters.

Baca juga: Terkait virus Corona, Sholat Jumat di Perlis diganti sholat dhuhur di rumah masing-masing

Pada Kamis (12/3), pasangan suami istri selebritas Tom Hanks dan Rita Wilson juga menyatakan mereka terinfeksi COVID-19 saat menjalani syuting film di Australia.

WHO sendiri pada minggu ini menetapkan COVID-19 sebagai pandemi. Artinya, penyakit itu telah menyebar ke banyak negara/lintas benua dalam jumlah besar pada waktu yang cepat.

Data Worldometers, laman penyedia informasi statistik independen, menunjukkan per Jumat (13/3), pasien COVID-19 di dunia mencapai 134.918 dengan jumlah korban tewas sebanyak 4.989 dan pasien pulih 70.395 jiwa.
 

Pewarta: Genta Tenri Mawangi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020