Aparatur sipil negara (ASN) diminta untuk menjaga netralitas dalam pesta demokrasi di Kabupaten Asahan.

Permintaan tersebut  disampikan anggota Bawaslu RI Divisi Penindakan Dr. Ratna Dewi Pettalolo saat memberikan sosialisasi penerapan pasal 71 Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 kepada ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Asahan, Minggu (8/3/2020) di aula hotel Kisaran.


Baca juga: Anggota DPR RI ikut sosialisasikan manfaat BPJS Ketenagakerjaan

Baca juga: Dinkes Asahan bentuk posko pelayanan dan tim antisipasi virus carona

Himbau ASN untuk menjaga netralitas baik sebelum, saat dan setelah pelaksanaan pesta demokrasi khususnya di Asahan bertujuan mewujudkan pemilu demokratis, bermartabat dan berkualitas.

"Bawaslu menghimbau ASN untuk menjaga integritas dan profesionalismenya dengan menjunjung tinggi netralitas berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan selama berlangsung proses pemilihan umum," ujar Ratna.

Sementara Bupati Asahan dalam sambutannya yang diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Drs. John Hardi Nasution menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada Bawaslu terkait upaya pencegahan dini untuk mengantisipasi potensi terjadinya pelanggaran selama proses pemilukada dengan menggelar sosialisasi tersebut

Selanjutnya Jhon berharap seluruh peserta khususnya ASN agar benar-benar memanfaatkan sosialisasi. “kepada seluruh ASN agar proaktif menggali informasi dari narasumber terkait regulasi dan hal-hal yang berkaitan tentang aturan dan kebijakan bagi ASN selama Pemilu agar Pilkada serentak di Kab. Asahan dapat berjalan dengan sukses," sebut Jhon.

Beliau juga menghimbau seluruh peserta untuk berperan aktif dalam menciptakan suasana yang kondusif, aman dan tertib agar pelaksanaan pilkada dapat berjalan baik, lancar dan demokratis.

Kegiatan tersebut juga dihadiri Asisten KASN Pengawasan Bidang Penerapan Nilai Dasar, Kode Etik dan Kode Perilaku ASN dan Netralitas ASN, Drs. Pangihutan Marpaung sekaligus narasumber, Kapolres Asahan, Forkopimda Asahan, Ketua Bawaslu Sumut, Ketua Bawaslu Asahan beserta pengurus, OPD, Camat se-Kabupaten Asahan, ASN dan tamu undangan lainnya.

Pewarta: Indra Sikumbang

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020