Pemkot Padangsidimpuan nyatakan warganya negatif virus corona, yang berjenis kelamin wanita berinisial Z, 37, warga Kecamatan Padangsidimpuan Selatan, Kota Padangsidimpuan, yang sempat dirujuk ke Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Adam Malik Medan.

Hal itu disampaikan Pemkot Padangsidimpuan, melalui Kepala Dinas Kesehatan Pemkot Padangsidimpuan, Sopian Subri Lubis, Kamis. 

Baca juga: RSUP Adam Malik tegaskan tidak ada pasien supect virus corona

“Hasilnya sudah kita kordinasi dengan pihak rumah sakit rujukan yang ada di Medan, Sumut, terkait soal perkembangan kondisi yang bersangkutan atau Z, dari hasil Pemeriksaan Kesehatan (Rikes) Medis diketahui bahwa Z mengalami ILI (Influenza Like Illness),” katanya.

Dengan kepastian ini, selaku Dinas Kesehatan tidak lagi menduga pasca beredarnya informasi adanya warga Kota Padangsidimpuan yang suspect infeksi Corona, jelas kami sampaikan melalui media ini, "tidak ada warga Kota Padangsidimpuan yang terdampak virus corona."

Baca juga: Diduga terjangkit corona, warga Padangsidimpuan dirujuk ke RSUP H Adam Malik Medan

Sekarang Z didampingi pihak keluarga sedang dalam perjalanan kembali ke Kota Padangsidimpuan.

“Yang bersangkutan sudah dipulangkan, dan saat ini masih dalam perjalanan didampingi keluarganya,” tuturnya.

Sebelumnya Z, 37, warga Kecamatan
Padangsidimpuan Selatan, Kota Padangsidimpuan, dirujuk pada Selasa (3/3) malam dan tiba pada Rabu (4/3) pagi di RSUP Haji Adam Malik Medan. Awalnya Z memiliki ciri-ciri seperti terindikasi corona (covid 19) sehingga dirujuk ke RSUP Haji Adam Malik Medan.

Baca juga: RSUP Soekarno Babel isolasi warga diduga terindikasi virus corona

Kepastian itu didapat setelah dilakukan perawatan sesuai prosedur di ruang isolasi, dan melakukan pemeriksaan darah terhadap Z, dan hasilnya hanya infeksi atau demam biasa.

Dan pihak RSUP Haji Adam Malik Medan juga sudah menggelar konferensi pers dan menegaskan bahwa pasien dari rujukan RSUD Padangsidimpuan bukan gejala corona atau covid 19, melainkan hanya sakit demam biasa.

Pewarta: Khairul Arief

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020