Kementarian Negeri Dalam Negeri Republik Indonesia melalui Direktorat Bina Pemerintahan Desa menyurati Gubernur Sumatera Utara terkait tanggapan perkembangan Desa Soposorik Kabupaten Mandailing Natal.

Dalam surat tersebut Kemendagri memberikan apresiasi dan terimakasih kepada Pemkab Mandailing Natal yang telah melaporkan kondisi perkembangan Desa Soposorik Kecamatan Kotanopan.

Kemudian Kemendagri meminta Gubernur agar memfasilitasi Bupati Madina untuk melakukan pembinaan dan pengawasan atas penyelenggaraan pemerintahan Desa Soposorik.



Dalam surat yang bernomor 141/8627/BPD tanggal 19 Desember 2019 Kemendagri juga meminta Gubernur Sumut dapat memfasilitasi Bupati Madina yang berupaya untuk mendorong perkembangan Desa Soposorik dalam hal penyelenggaraan pemerintahan, pelaksaan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat desa.

Bupati Mandailing Natal, Drs. Dahlan Hasan Nasution melalui Kabag Humas dan Protokol, M. Wildan Nasution kepada ANTARA, Rabu (22/01) menyebutkan, dalam surat tersebut Kemendagri akan melakukan tinjauan lapangan ke Desa Soposorik dalam rangka verifikasi faktual keberadaan desa itu.

"Hal ini menyikapi pemberitaan mengenai Soposorik selama ini, alhamdulillah Kemendagri akan melakukan kunjungan ke Madina dalam waktu dekat," kata Wildan.

Sebelumnya Bupati Mandailing Natal menyurati Kemendagri terkait perkembangan Desa Soposorik Kecamatan Kotanopan.

Dalam surat tersebut disebutkan desa tersebut sudah ada sebelum Indonesia merdeka. Desa ini juga sudah teregistrasi dengan kode registrasi 12.13.08.2029 pada Permendagri nomor 56 tahun 2015 dan Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 137 tahun 2017 tentang kode dan data wilayah administrasi pemerintah telah teregistrasi secara nasional.

Desa Soposorik sendiri telah ada sebelum Indonesia merdeka. 

Dahulunya desa ini berpenduduk banyak, akan tetapi minimnya infrastruktur seperti sarana prasarana peribadatan, pendidikan, listrik dan akses jalan menuju desa ini mengakibatkan berpindahnya beberapa masyarakat ke desa-desa tetangga atau desa lain yang masih satu wilayah dengan Kecamatan yang ada di Mandailing Julu itu.



 

Pewarta: Holik

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020