Tidaknya adanya komisoner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Labuhanbat Utara pada acara launching Pemilihan Bupati/Wakil Bupati Tahun 2020 oleh KPU Labura mendapat perhatian dari Ketua DPRD Drs H Ali Tambunan.

Pria yang juga Ketua DPD Partai Golkar itu menyesalkan tidak hadirnya seorang pun komisioner Bawaslu pada acara yang dihadiri Bupati Labura H Kharuddin Syah SE, anggota KPU Sumut Ira Wirtati SAg MPd dan sejumlah pimpinan dan anggota KPU kabupaten/kota tetangga itu.

Karena itu, Ali meminta kepada Komisi A DPRD untuk merekomendasikan pergantian komisoner Bawaslu Labura. Untuk itu pihaknya akan melakukan konsultasi terkait kasus itu. 

Baca juga: KPU Labura laksanakan launching pilkada

Menurutnya, pelaksanaan pilbup Labura tahun 2020 menggunakan dana APBD kabupaten itu, termasuk dana yang digunakan oleh Bawaslu. "Pilbup ini memakai APBD Labura. Jadi kami selaku pimpinan DPRD berhak mengawasinya," katanya.

Bupati dalam sambutannya juga menanggapi pernyataan Ketua DPRD tersebut. "Kalau Ketua DPRD mengatakan begitu, ya kita ikut juga," kata pria yang lebih akrab dikenal dengan sebutan H Buyung itu.

Salah seorang staf Bawaslu yang hadir dalam acara itu kepada Antara menyebutkan, pada saat itu memang tiga komisoner Bawaslu sedang mengikuti agenda di luar daerah. Dua di antaranya bertugas di Medan dan seorang lagi di Jakarta.

Pewarta: Sukardi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019