Jelang Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, Pemkot Sibolga melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) bekerja sama dengan Tim Penggerak PKK Kota Sibolga menggelar pasar murah di 4 kecamatan.

Pasar murah perdana digelar di Jalan Agus Marpaung (depan Kantor Camat Sibolga Utara) Kelurahan Simaremare, Kecamatan Sibolga Utara, Jumat (20/12) siang.

Pasar murah perdana itu dibuka secara resmi oleh Wakil Wali Kota Sibolga, Edi Polo Sitanggang, S.Pi, yang ditandai dengan penyerahan sembako secara simbolis kepada 10 orang perwakilan masyarakat.

Dalam sambutan Wali Kota Sibolga yang dibacakan oleh Wakil Wali Kota disampaikan bahwa pencanangan pasar murah khusus untuk masyarakat yang merayakan Hari Raya Natal. Kegiatan pasar murah itu juga sebagai kepedulian terhadap masyarakat yang kurang mampu.

Selain itu juga pasar murah bertujuan untuk mengantisipasi harga kebutuhan pokok masyarakat, agar tidak terjadi laju inflasi yang mengakibatkan melemahnya perekonomian di Kota Sibolga.

“Saya mengimbau kepada para distributor/pedagang agar tidak melakukan penimbunan barang dan menaikkan harga kebutuhan pokok yang mengakibatkan konsumen atau masyarakat kesulitan memperoleh barang yang dibutuhkan,” ucap Wakil Wali Kota.

Sebelumnya, Kepala Bidang Perdagangan pada Dinas Perindag Syahban Tambunan melaporkan, sasaran dari kegiatan Pasar Murah adalah masyarakat ekonomi kurang mampu di 4 kecamatan se-Kota Sibolga, dengan total pake sebanyak 5.555 paket.

Sedangkan bersumber dana dari kegiatan itu diambil dari APBD Kota Sibolga, dibantu partisipasi dari BUMN, BUMD, Perbankan dan Pengusaha yang ada di Kota SIbolga.

Ada pun 6 komoditas yang dijual di pasar murah yaitu gula pasir dengan harga Rp9.500/kg dengan pembelian maksimal 2 kg. Minyak goreng dengan harga Rp11.000 dengan pembelian maksimal 2 liter, tepung terigu dengan harga Rp8.000/kg dengan pembelian maksimal 2 kg, susu kental manis dengan harga Rp8.000/kaleng dengan pembelian maksimal 2 kaleng, mentega dengan harga Rp4.000/sachet dengan pembelian maksimal 2 sachet, sirup dengan harga Rp15.500/botol dengan pembelian maksimal 2 botol.

Turut hadir dalam pembukaan pasar murah perdana itu unsur Forkopimda, Wakil Ketua TP. PKK Kota Sibolga Doharta Ida Hutabarat, S.Pd, M.AP, Sekda Kota Sibolga M. Yusuf Batubara, SKM, MM, para staf ahli, para asisten, para Pimpinan OPD, Camat dan Lurah se-Kota Sibolga.
 

Pewarta: Jason Gultom

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019