Bupati Kabupaten Langkat Terbit Rencana Peranginangin terus menjabarkan visi dan misinya dengan berbagai langkah yang dilakukan diantaranya melakukan kordinasi membahas dan mewujudkan pengembangan kawasan ekowisata terpadu (Integrated Ecotourism) antara Kabupaten Karo dan Kabupaten Langkat, tepatnya di daerah Tahura Berastagi dan Bukit Lawang serta Tangkahan Kabupaten Langkat.

Gagasan tersebut disampaikan Sekretaris Daerah Langkat Indra Salahuddin yang langsung menindaklanjutinya secara nyata dan cepat. Dimana tim Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Langkat bersama para insvestor dan konsultan, terjun langsung ke lokasi wisata Tangkahan di Kecamatan Batang Serangan.

Selan itu juga Bupati juga menggelar kuliah umum mengusung tema "Langkat Menuju Warisan Dunia" dengan menghadirkan narasumber dari negara jiran Prof Datok Dr Mukhtar Saidin selaku Arkeolog dari pusat penelitian Arkeologi Global Pulau Penang Malaysia, beberapa waktu yang lalu.

Serta melakukan penandatanganan MoU  kerjasama antar Disparbud Langkat dengan Prodi S2 Ilmu Sejarah FIB-USU, yang dilakukan oleh Kadis Parbud  Langkat dan Ketua Program Studi Sejarah FIB-USU Dr Suprayitno.

Selain itu, Pemkab Langkat juga melakukan kerjasama dengan PT Bank Sumut Cabang Stabat mencanangkan pembangunan Tugu Simpang Durian Mulo Kecamatan Kuala dan Ghatering Bank Sumut Cabang Stabat, bertujuan untuk memajukan pariwisata, yang dilaksanakan di Taman Pante Gemi Stabat.

Juga melaksanakan kerjasama dengan Kementerian Pariwisata RI melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Utara dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Langkat, melaksanakan Pelatihan Pengelolaan Homestay bagi para pelaku usaha wisata di Bukit Lawang Kecamatan Bahorok.

Oelatihan ini menghadirkan tiga narasumber yaitu Budi Setiawan dari Kemenpar RI, Ujang Sobari dari Akademi Pariwisata Medan dan Tety Naibaho selaku pelaku Usaha Homestay dari Kabupaten Samosir.

Diharapkan nantinya apa yang sudah dilakukan itu  akan mampu meningkatkan ekonomi kerakyatan, kegiatan ini juga bertujuan untuk mewujudkan visi misi Bupati Langkat dan Gubernur Sumatera Utara, yang menjadikan sektor Pariwisata sebagai prioritas pembangunan.

"Mudah mudahan berbagai langkah terobosan yang dilakukan Bupati Langkat Terbit Rencana Peranginangin ini akan mampu mendatangkan dan meningkatkan kunjungan wisatawan lokal maupun mancanegara.

Sehingga pada akhirnya akan menambah pendapatan bagi pelaku pariwisata khususnya dan masyarakat Langkat umumnya, serta mampu menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor ini.

Baca juga: Dinas Pariwisata Sumut tinjau ekowisata mangrove Lubuk Kertang Langkat

Pewarta: H.Imam Fauzi

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019