Puskemas Bandardurian Kecamatan Aeknatas Labuhanbatu Utara merupakan satu-satunya Pusat Kesehatan Masyarakat yang meraih akreditasi Utama di Labuhanbatu Raya (Labuhanbatu, Labura dan Labuhanbatu Selatan). Sementara dari 17 Puskesmas lainnya, 13 diantaranya sudah meraih akreditasi Madya.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Labura dr Hj Saodah pada Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-55 yang diselenggarakan di kompleks dinas tersebut, Kamis. Acara itu dihadiri Bupati Labura H Kharuddin Syah SE dan Ketua DPRD Drs H Ali Tambunan serta sejumlah pejabat lainnya.

“Puskesmas Bandardurian berhasil meraih akreditasi Utama. Dan ini merupakan puskesmas satu-satunya di Labuhanbatu Raya yang berhasil meraih akreditasi Utama,” kata Saodah dalam kegiatan yang dirangkai dengan pemberian sejumlah hadiah kepada puskespas dan paramedis berprestasi.

Lebih lanjut mantan Direktur RSUD Aekkanopan itu menyebutkan, saat ini tim akreditasi juga masih menilai empat puskesmas lainnya yang ada di tanah Basimpul Kuat Babontuk Elok tersebut.

Kepala Puskemas Bandardurian Widya Ayu br Panjaitan SKM usai kegiatan menyebutkan, dirinya tidak menyangka lembaga yang dipimpinnya akan mendapat prestasi itu. “Kita tidak menyangka bisa meraih predikat akreditasi Utama,” katanya terkait prestasi yang diraihnya.

Menurutnya, prestasi tersebut menjadi beban sekaligus motivasi untuk dapat berbuat lebih baik lagi sehingga mampu meraih predikat Paripurna atau bintang lima di masa mendatang. Namun untuk itu, diakuinya, masih banyak hal yang perlu dibenahi termasuk visit dari minimal tiga dokter spesialis secara rutin yaitu spesialis anak, spesialis kandungan dan spesialis paru.

Sebelumnya Ketua Panitia yang juga Kabid Kesehatan Masyarakat Zulmarleni menyampaikan laporan terkait kegiatan itu. Menurutnya, sejumlah kegiatan telah dilakukan dalam rangka memeriahkan Hari Kesehatan Nasional ke-55 Labura yang mengusung tema Generasi Sehat, Indonesia Unggul tersebut.

Pewarta: Sukardi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019