Senin (25/11) ini Google Doodle menampilkan gambar karikatur seorang wanita berkacamata yang mengenakan penutup kepala berhiaskan bunga dengan latar belakang aneka halaman koran.

Gambar karikatur pada Google Doodle itu merupakan sosok Ani Idrus yang dilengkapi dengan keterangan "Ulang tahun Ani Idrus ke-101" saat kursor tetikus berada di atas nya.

Dikutip dari Wikipedia.org, Ani Idrus lahir di Sawahlunto, Sumatera Barat, 25 November 1918 dan meninggal di Medan, Sumatera Utara, 9 Januari 1999 pada umur 80 tahun.

Ani Idrus adalah seorang wartawati senior yang mendirikan Harian Waspada bersama suaminya H. Mohamad Said pada tahun 1947 yang juga merupakan wakil kantor berita nasional "Antara" untuk memimpin dan membangun cabang-cabangnya di Sumatera atas mandat yang diberikan oleh Adam Malik pada saat itu.

Ani Idrus dimakamkan di Pemakaman Umum Jalan Thamrin Medan. Terakhir ia menjabat Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi Harian Waspada dan Majalah Dunia Wanita di Medan.

Selain berkecimpung dalam dunia jurnalistik, ia juga mendirikan dan memimpin lembaga pendidikan yang bernaung dalam Yayasan Pendidikan Ani Idrus. 

Ani juga merambah segmen pembaca wanita, pada 1949, dengan menerbitkan majalah "Dunia Wanita".

Kontribusi Ani Idrus dalam bidang jurnalistik mengantarkannya pada beragam penghargaan dari pemerintah.

Pada 1990, dia mendapatkan penghargaan dari Menteri Penerangan RI sebagai wartawan di atas 70 tahun yang masih aktif berkontribusi di media massa.

Sebelumnya, dia juga sempat mendapatkan penghargaan dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) pada 1959, berikut piagam Pembina Penataran Tingkat Nasional dari BP7 Jakarta pada 1979.

Pada akhir hayatnya, ia juga menjabat Ketua Umum Sekolah Sepak Bola WASPADA, Medan, Direktur PT. Prakarsa Abadi Press, Medan, dan Ketua Yayasan Asma Cabang Sumatera Utara.

Pewarta: Septianda Perdana

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019