Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) terus melakukan berbagai inovasi dalam upaya peningkatan mutu lulusan, yang bukan hanya siap pakai namun juga mampu menciptakan lapangan pekerjaan usai menyelesaikan studinya.

Rektor UMSU Dr Agussani di Medan, Kamis, mengatakan, UMSU terus melakukan berbagai inovasi peningkatan mutu lulusan, riset dan teknologi dan peningkatan daya saing.

"Itu semua dilakukan sebagai modal dan kunci sukses dalam kancah di era revolusi 4.0. Alhamdulillah capaian UMSU dalam memenuhi tuntutan masyarakat menggembirakan," katanya pada hari ketiga wisuda Magister, Sarjana dan Ahli Madya periode II tahun 2019/2020.

Ia juga menyampaikan UMSU selain meraih akreditasi institusi A, juga meraih sembilan Prodi terakreditasi A sehingga UMSU menjadi PTS terbaik 1 tahun 2019 di Sumut dan luar pulau Jawa.

UMSU juga PTS 1 terbanyak penyumbang Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) terbanyak tahun 2019 untuk Sumut dan nomor dua secara nasional.

Selain itu pada aspek penelitian dan publikasi terdapat tujuh jurnal yang terakreditasi.

Di tingkat nasional, lanjut rektor, UMSU salah satu PTS yang melakukan MoU dengan perusahaan BUMN dan bersertifikat BUMN. Mahasiswa berpeluang melakukan magang dan diberi insentif oleh perusahaan BUMN.

Selanjutnya, dari pelacakan lulusan tingkat antrean kerja, UMSU di semua level managemen semakin baik dalam arti alumni banyak yang langsung bekerja dan menciptakan lapangan pekerjaan.

"Dalam rangka meningkatkan daya saing, UMSU juga melakukan kerja sama luar negeri dengan Jepang, Australia, Tiongkok, Korsel, Malaysia, India serta Prancis," katanya.

Sementara Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) Sumatera Utara, Bahdin Nur Tanjung, mengatakan prestasi dan kiprah mahasiswa yang luar biasa disumbangkan untuk bangsa sehingga membawa nama baik dan meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada UMSU.

"APTISI mengaku bangga atas catatan prestasi dan kiprah mahasiswa serta lulusan UMSU telah menyebar di berbagai tempat," katanya.

APTISI mencatat UMSU menjadi PTS terbaik dari berbagai bidang dari 235 PTS di Sumut versi Kementerian Pendidikan. Selain itu, UMSU memperoleh ranking 75 dari 4.750 perguruan tinggi se-Indonesia. Satu-satunya PTS yang terakreditasi A di Sumut dan kedua di luar Pulau Jawa.

"UMSU juga berada pada Cluster lebih baik dan setara PTN lain di Sumut dan Aceh," katanya.

 

Pewarta: Rel

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019