Para guru diminta terus meningkatkan kemampuan diri, termasuk mengikuti perkembangan Informasi dan Teknologi (IT). Hal tersebut dalam rangka mendukung dan mewujudkan Guru Masa Depan.

Demikian antara lain disampaikan Kasi SMA dan PK Cabang Dinas Pendidikan Tanjungbalai Drs H Hilaluddin Nasution MPd di hadapan kepala dan guru empat sekolah dalam acara di SMA 09 Muhammadiyah Kualuhhulu, Rabu.

"Para guru diharapkan terus mengembangkan diri. Jangan lagi pakai HP tulalit, tapi pakailah smart phone," katanya yang pada kesempatan itu didampingi Kepala SMA 09 Muhammadiyah Kualuhhulu H Kamal Munthe SH.

Guru masa depan, jelasnya lagi, bertujuan meningkatkan harkat dan martabat para pendidik. Guru masa depan diharapkan memiliki mindset, jiwa enterpreneur dan attitude yang baik.

Ketiga hal tersebut perlu dimiliki guru dan dapat menularkannya kepada para peserta anak didik. Apalagi tantangan ke depan yang dihadapi para guru akan semakin kompleks dengan kemajuan teknologi. 

"Guru harus bisa jadi panutan di tengah masyarakat dan tidak dipandang rendah," kata mantan Kasek SMAN Kualuhhilir dalam pertemuan yang dihadiri kepala sekolah dan guru dari SMA 09 Muhammadiyah, SMA St Joseph Aekkanopan, SMA Sultan Hasanuddin dan SMA Kusuma Bangsa Londut.

Kemudian hal lain yang perlu dilaksanakan para guru adalah pendidikan karakter yang merupakan salah satu program yang dicanangkan Presiden RI. Dengan pendidikan karakter peserta didik diharapkan memiliki sikap relijius, nasionalis, mandiri, gotong royong dan kreatif.

Pewarta: Sukardi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019