Gojek terus memberikan pelatihan kelas dunia bagi mitra Gojek dalam pelayanan prima untuk konsumen sebagai pilihan utama masyarakat sebagai perusahaan super-app terdepan di Asia Tenggara dengan menghadirkan Bengkel Belajar Mitra (BBM) agar mitra Gojek selalu terdepan dalam pelayanan dan menjadi sumber daya yang semakin berkualitas.

Head Regional Corporate Affairs Gojek Teuku Parvinanda di Medan, Senin (28/10) mengatakan sebagai wadah pengembangan keterampilan pertama dan paling komprehensif di industri ride-hailing di Indonesia, Gojek melalui BBM menggandeng Worldwide Quality Assurance (WQA APAC).

"Sejak awal berdiri hingga menjadi platform penyedia layanan terdepan di Asia Tenggara, Gojek telah memilih ragam inisiatif yang menjadikan mitra kami terdepan dalam kualitas dan pelayanan sehingga terus menjadi pilihan pelanggan. Untuk terus meningkatkan kualitas mitra driver kami, kali ini melalui BBM kami memfasilitasi pelatihan pelayanan prima agar mitra Gojek dapat memberikan pelayanan kelas dunia sehingga mendapatkan apresiasi yang tinggi dari konsumen dan mendapatkan bintang lima," katanya.

Ia menambahkan ada dua jenis pelatihan pengembangan keterampilan di BBM yang disesuaikan  dengan aspirasi dan kebutuhan mitra, yaitu Pengembangan Layanan Prima dengan Pelatihan Bahasa Inggris, P3K dan anti kekerasan seksual serta pelayanan prima terhadap konsumen dan juga pengembangan kemampuan diri dengan pelatihan wirausaha dan pengelolaan keuangan.

"Pada pelatihan pelayanan prima ini, mitra Gojek diajarkan akan cara untuk memberikan pelayanan pelanggan yang baik. Selain itu mitra driver juga diajak untuk memahami apa kebutuhan dan harapan pelanggan sehingga bisa melayani dengan lebih prima," tambahnya.

Sementara itu, Regional Manager Asia Pacific Worldwide Quality Assurance (WQA APAC) Muhammad Aristian mengatakan salah satu aspek dalam pelatihan ini adalah mitra belajar bahwa mengetahui kebutuhan dan harapan pelanggan adalah langkah awal untuk dapat memberikan pelayanan prima.

"Salah satu harapan pelanggan adalah supaya mendapatkan mitra Gojek yang ramah dan juga yang menjaga kebersihan. Harapannya agar kedepannya mitra driver Gojek bisa diapresiasi lebih baik oleh pelanggan karena pelayanannya prima yang mereka berikan," katanya.

Ia menambahkan untuk tahapan pelayanan yang pertama adalah persiapan yang termasuk dalam tahap ini adalah aspek kendaraan, pengemudi dan peralatan.

"Selain kendaraan mitra juga perlu mempersiapkan kondisi yang prima, pastikan kondisi sehat, cukup istirahat, bersih dan wangi," tambahnya.

Selanjutnya adalah aspek peralatan, helm, menggunakan atribut Gojek, kartu tol, power bank dan peralatan lainnya yang diperlukan untuk menunjang operasional layanan yang prima.

Tahapan pelayanan selanjutnya adalah pelaksanaan beberapa aspek yang dibahas dalam lingkup ini adalah konfirmasi pemesanan lewat fitur chat, kemudian konfirmasi juga via chat apabila mitra telah sampai di lokasi yang akan dituju oleh pelanggan dan bila perlu berinteraksi, lakukanlah dengan sopan. 

Misalnya dalam situasi pengantaran barang atau pesanan makanan, jagalah barang atau makanan tersebut dengan baik hingga selesai diantarkan.

Sedangkan dua tahapan terakhir yaitu evaluasi diri jika mendapatkan rating pelayanan yang baik maupun yang kurang baik. Hal tersebut diperlukan untuk menjalankan tahapan pelayanan yang selanjutnya yaitu perbaikan.

WQA APAC merupakan badan sertifikasi internasional yang menyediakan sertifikasi berbagai sistem manajemen untuk memberikan pelatihan pelayanan prima kelas dunia khusus mitra Gojek.

BBM merupakan salah satu bentuk tindakan nyata kepedulian Gojek terhadap kesejahteraan mitra driver. Diharapkan mempunyai andil yang semakin besar untuk memberikan dampak positif bagi perekonomian Indonesia.
 

Pewarta: Septianda Perdana

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019