Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah menerima anugerah Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Tahun 2019 sebagai Badan Publik Informatif yang ditetapkan oleh Komisi Informasi (KI) Provinsi Sumatera Utara (Provsu).

Penghargaan itu diserahkan langsung oleh Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi kepada Bupati Tapteng yang diwakili Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Tapanuli Tengah, Dedy Sudarman Pasaribu, Jumat (25/10) malam, di  Ballroom Hotel Grand Aston Medan.

Demikian relis berita yang dikirim Diskominfo Tapanuli Tengah, Sabtu (26/10), kepada ANTARA.

Dalam sambutannya Ketua Komisi Informasi Pusat Republik Indonesia Gede Narayana menyampaikan, perlunya komitmen pemerintah daerah (Pemda) dalam mendukung keterbukaan informasi.

Komisi Informasi adalah pelaksana Undang-Undang Ketebukaan Informasi Publik, untuk meletakkan standar regulasi, meningkatkan standar pelayanan informasi publik, dan menyelesaikan sidang sengketa informasi publik. 

Komisi Informasi sebagai pelaksana dari Undang-Undang tentang Keterbukaan Informasi Publik, mengandung makna bahwa dimanapun di Republik ini bahwa Komisi Informasi dari Tingkat Nasional, hingga daerah wajib untuk melaksanakan keterbukaan informasi publik,” tegas Gede Narayana.

Sementara itu Ketua Komisi Informasi Provsu Drs Robinson Simbolon mengatakan, tujuan utama kegiatan itu adalah, untuk memberikan apresiasi kepada badan publik dan mendorong untuk terus menerapkan keterbukaan informasi di badan publik.

Menurut Simbolon, dari 33 badan publik Kabupaten/Kota se-Sumatera Utara yang dimonitoring tahun ini memberikan penghargaan tertinggi kepada 9 kabupaten/kota di Provinsi Sumatera Utara, yaitu, Pemerintah Kota Tebing Tinggi, Pemerintah Kota Medan.

Pemerintaha Kabupaten Pakpak Bharat, Pemerintah Kabupaten Padang Lawas Utara, Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai, Pemerintah Kota Binjai, Pemerintah Kabupaten Talanuli Tengah, dan Pemerintah Kabupaten Labuhan Batu Utara.



 

Pewarta: Jason Gultom

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019