Fraksi Partai Golkar DPRD Labuhanbatu menginginkan berada dalam struktur komposisi dan personalia alat kelengkapan dewan untuk mengawal pembangunan di Kabupaten Labuhanbatu.

Ketua Fraksi Golkar DPRD Kabupaten Labuhanbatu, Haryanto Ritonga, Kamis usai rapat paripurna istimewa hari jadi Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu ke-74 di gedung dewan mengatakan, Partai Golkar optimis akan menduduki struktur komposisi masing-masing alat kelengkapan dewan di Komisi, I, II, III dan IV.

Pihaknya sudah mendalami karakter anggota dewan untuk mengisi komisi strategis yang menjadi perhatian Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu. Menurut dia, menargetkan Ketua Komisi IV DPRD Labuhanbatu akan sangat membantu Bupati, Andi Suhaimi Dalimunthe dalam meningkatkan pembangunan di daerah. 

"Harapannya Golkar mengambil semua komisi, namun kita masih melakukan lobi partai apakah kita diberikan Sekretaris, Wakil di setiap komisi, atau menjadi pimpinan di komisi tersebut. Komisi IV yang kita harapkan dapat mensinergikan dengan Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu, selaras dengan visi-misi pembangunan, baik itu infrastruktur maupun hal-hal yang kita anggap dapat mendorong kinerja Bupati Labuhanbatu Andi Suhaimi Dalimunthe semakin mantab di 2020," katanya.

Haryanto Ritonga menjelaskan, di dalam Komisi IV terdapat mitra kerja dengan eksekutif yang sangat strategis mencukup Bina Marga, pengairan, pembangunan dan energi, pasar, kebersihan, perhubungan, komunikasi dan informatika, perumahan rakyat, lingkungan hidup, pendidikan, ilmu pengetahuan dan teknologi, kesehatan, cipta karya dan tata ruang, perencanaan pembangunan daerah, perpustakaan dan dokumentasi dan penanganan bencana.

Sebagai perolehan kursi terbanyak di DPRD Labuhanbatu, Fraksi Golkar juga akan memperluas penempatan komposisi di Komisi I yakni dibidang pemerintahan diantaranya mencakup perizinan, ketertiban, kependudukan, Pers, hukum dan perundang-undangan, kepegawaian, Kesbang, masyarakat, pertanahan, agama, pemberdayaan masyarakat Desa/Kelurahan dan pemberdayaan perempuan aparatur, organisasi dan politik.

Fraksi Golkar DPRD Labuhanbatu menargetkan sebagai pimpinan masing-masing komisi dan alat kelengkapan dewan lainnya dengan mengandeng fraksi partai lain untuk sinergitas pembangunan daerah dalam 5 tahun mendatang.

Selain itu, pihaknya akan mengenjot susunan alat kelengkapan dewan sudah selesai dalam pekan ke-4 di penghujung bulan Oktober 2019. Rentang waktu sepekan itu juga akan dimanfaatkan lobi-lobi politik antar partai untuk kebersamaan dan struktur komisi dalam alat kelengkapan dewan.

"Untuk ketua komisi kita melakukan lobi-lobi politik kepada partai lain, bagaimana kita berupaya membangun DPRD Labuhanbatu ini dengan penuh kebersamaan. Walaupun Golkar di katakan sebagai pemenang, kita siap bergandengan tangan dengan partai lain. Tidak masalah walaupun Golkar tidak pimpinan komisi, tapi bagian strukturnya ada sebagai unsur komposisi," jelas Haryanto Ritonga.

Penasehat Fraksi Gerindra DPRD Labuhanbatu, Abdul Karim Hasibuan menyampaikan belum menargetkan pimpinan komisi dalam alat kelengkapan dewan. Pihaknya juga belum menempatkan struktur komisi yang menjadi perhatian partai dan masih melihat potensi anggota.

Secara teknis, kinerja DPRD Labuhanbatu sudah memfasilitasi rapat pembentukan fraksi partai, penyusunan tata tertib dewan, usulan pimpinan dewan dan lainnya. Sementara, Fraksi Gerindra DPRD Labuhanbatu akan menempatkan dua orang di Komisi II bidang perekonomian dan masing-masing satu orang di Komisi I bidang pemerintahan, Komisi III bidang Keuangan dan Komisi IV di bidang pembangunan.

Baca juga: Wartawan ANTARA juara I lomba tulis HUT ke-74 Pemkab Labuhanbatu

Pewarta: Kurnia Hamdani

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019