Sebanyak 60 personel Kodim 0201/BS bersama Yonmarhanlan I/Belawan, Lanud Soewondo, Yon Paskhas 469/Pancawara, Brimob Polda Sumut melaksanakan patroli gabungan di wilayah hukum Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara, Senin.

Yonmarhanlan I/Belawan mengirimkan 20 personel, Lanud Soewondo 11 personel, Yon Paskhas 469/Pancawara 24 personel, Brimob Polda Sumut 25 personel, dan Sabhara Polda Sumut 33 personel.

Peserta patroli gabungan ini dibagi dalam dua tim, yakni tim pertama melalui rute Jalan Pengadilan depan Makodim 0201/BS -Jalan Maulana Lubis- Jalan Raden Saleh - Jalai Balai Kota - Jalan Putri Hijau - Jalan Yos Sudarso-Jalan Bilal (SMA TARUNA PBD Medan)- Jalan Bilal-Jalan Bhayangkara- dan Jalan Williem Iskandar (MAN I dan MAN 2)- Jalan Pemuda, Jalan Pandu- Jalan Ahmad Yani dan finis di Lapangan Merdeka.

Untuk tim kedua, melalui rute Jalan Pengadilan depan Makodim 0201/BS- Jalan Maulana Lubis- Jalan Raden Saleh-Jalai Balai Kota- Jalan Putri Hijau-Jalan Guru Patimpus- Jalan Gatot Subroto- (MAMHATTAN PLAZA)- Jalan Patriot- Jalan Amal-Jalan Kasuari- Jalan Sunggal- Jalan Sei Batang Hari- Jalan Gajah Mada- Jalan S Parman- dan finis di Lapangan Merdeka Medan.

Memberikan rasa aman
Pangdam I Bukit Barisan Mayjen TNI MS Fadhilah mengatakan patroli gabungan TNI-Polri di wilayah Kota Medan adalah bentuk kepedulian aparat negara di daerah itu untuk memberikan rasa aman bagi warga masyarakat dalam menyampaikan aspirasinya.

"Apel gabungan itu sebagai komitmen bersama aparat keamanan dalam rangka menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif menjelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI, serta anggota DPR RI terpilih hasil Pemilu Tahun 2019," kata Fadhilah, usai memimpin apel gabungan TNI-Polri bersama Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto, di Lapangan Benteng Medan, Senin.

Menurut dia, tujuan apel gabungan dan patroli bersama tidak ada yang lain, yakni menjaga agar penyampaian aspirasi tetap sesuai dengan koridor yang berlaku, dan menghindari jatuhnya korban atau kerusakan fasilitas umum maupun aset negara.

"Dalam apel gabungan dan patroli bersama ini, pada prinsipnya TNI melalui Kodam I/BB dan jajarannya akan siap membantu aparat Kepolisian," ujar Fadhilah.

Ia mengatakan, secara teknis Kodam I/BB membantu Polda Sumut dalam rangka menjaga Kamtibmas dan kondusifitas wilayah Sumatera Utara (Sumut).

"Kita berharap jangan sampai ada jatuh korban atau terjadinya kerusakan fasilitas dari kegiatan penyampaian aspirasi oleh komponen bangsa," kata mantan Kapuspen TNI itu.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kasdam I/BB Brigjen TNI Untung Budiharto, Danlantamal I Belawan Laksma TNI Abdul Rasyid Kacong, Waka Polda Sumut Brigjen Pol Mardiaz Kusin Dwihananto, Dandim 0201/BS Kolonel Inf Roy Hansen J Sinaga, dan para TNI-Polri di Kota Medan.

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019