Ribuan mahasiswa  dari berbagai perguruan tinggi di Kota Pematangsiantar dan Kabupaten Simalungun, demo ke kantor DPRD Pematangsiantar, Kamis (26/9).

Mereka duduk tertib bersama Plh  Ketua DPRD Timbul M Lingga, dan sejumlah anggota Dewan, Wakil Wali Kota Togar Sitorus, Kapolres AKBP Budi Pardamean Saragih, Dandim 0207 Sml Letkol Inf Frans Kishin Panjaitan di ruas jalan.

Kalangan muda intelektual itu mulai berkumpul pukul 02.00 WIB memadati ruas Jalan H Adam Malik, tepat di depan kantor Dewan dengan memakai jaket almamater.

Massa membawa bendera Merah Putih dan beragam ukuran spanduk berisi tulisan tuntutan yang intinya menolak RUU, termasuk RUU KPK yang telah disahkan.

Pada orasi yang disampaikan secara bergantian, di antaranya Fajar Pratama, mahasiswa menilai kebebasan dan demokrasi dikebiri melalui pasal-pasal dalam RUU tersebut.

Para wakil rakyat di Pematangsiantar itu pun diajak satu kata dengan mahasiswa untuk menolaknya.

Sementara, aparat keamanan dari kepolisian dan TNI disiagakan di seputaran lokasi aksi, mengatur arus lalu lintas di sekitarnya, dan menyiapkan mobil water canon.

 

Pewarta: Waristo

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019