Peserta latihan kepemimpinan tingkat III dibawah kepemimpinan Kepala Bagian Lembaga Administrasi Negara Zulkarnain berkunjung ke Kota  Binjai untuk melihat dari dekat keberadaan Binjai Command Center dan disambut Staf Ahli Walikota Afwan, di Binjai, Rabu.

Peserta Latpim III yang diketuai oleh Kepala Bagian Lembaga Administrasi Negara (LAN), Zulkarnain, terlihat tertarik mendengar penjelasan Afwan terkait semua program Smart City yang telah berjalan di Kota Binjai. 

 Afwan menjelaskan Binjai Command Center (BCC) merupakan pusat pengendalian aplikasi Pemkot Binjai dan monitoring CCTV, dimana keberadaan BCC tepat bersebelahan dengan ruang kerja Walikota Binjai.

Adapun aplikasi Smart City yang telah berjalan antara lain e-Musrenbang, e-Masyarakat, e-Dokter, e-Kliping, e-Perizinan, e-SDM, e-Absensi dan e-UMKM. Sementara Direktur RSUD DR Djoelham Binjai dr Sugianto menjelaskan bahwa aplikasi e-Dokter merupakan sistem pendaftaran pasien rawat jalan rumah sakit daerah menggunakan metode janji.

"Dimana calon pasien tidak perlu untuk mengantri panjang menunggu di rumah sakit," katanya.

"Calon pasien cukup melakukan registrasi online menggunakan aplikasi e-Dokter dan pasien akan mendapatkan waktu kunjungan di poliklinik yang dituju," kata Sugianto.

Sebelum mengakhiri kunjungan di hari pertamanya, seluruh peserta Latpim III berkesempatan mengunjungi RSUD dr Djoelham Binjai didampingi Direktur dr Sugianto, Staf Ahli Walikota Afwan, dan pimpinan OPD lainnya. 

Pewarta: H.Imam Fauzi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019