Bupati Tapteng instruksikan dinas kesehatan bagi masker kepada masyarakat

Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani menginstruksikan dinas kesehatan setempat untuk membagikan masker kepada masyarakat secara gratis untuk mengantisipasi kabut asap yang sudah terjadi di daerah itu.

Kepala Dinas Kesehatan Tapteng Nursyam kepada wartawan, Jumat, mengatakan, sesuai petunjuk bupati, dalam rangka upaya preventif terhadap dampak kabut asap yang diakibatkan oleh kebakaran hutan dan lahan di Riau, pihaknya membagikan masker gratis kepada masyarakat, khususnya para pengguna jalan dan pengendara. 

"Untuk itu, saya menugaskan Kabid SDK mengkoordinir pelaksanaan pembagian masker tersebut," katanya.

Selanjutnya, Nursyam menambahkan bahwa langkah ini dilakukan untuk mengantisipasi warga agar tidak terkena Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA), terutama bagi anak kecil.

Sementara itu menurut Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan Tapteng, Dedi Irama Gulo, menyampaikan, bahwa kegiatan pembagian masker gratis ini dilaksanakan di 3 titik lokasi padat lalu lintas. 

Seperti di Jalan Sibolga-Padangsidimpuan tepatnya di Pantai Indah Pandan, di depan RSUD Pandan, dan simpang Pondok Batu Kecamatan Sarudik.

Di masing-masing titik dibagikan sebanyak 1.000 masker gratis yang dibagikan 25 orang pegawai Dinas Kesehatan Kabupaten Tapanuli Tengah.

Sementara itu pantuan di lapangan, kabut asap masih menyelimuti Kabupaten Tapanuli Tengah dan juga kota Sibolga. Walaupun demikian aktivitas warga masih tetap berlanjut.

 

Pewarta: Jason Gultom

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019