Danone-AQUA memperkenalkan inovasi terbarunya AQUA Life yang menggunakan kemasan plastik  100 persen  hasil daur ulang di 9th Indonesia Climate Change Forum & Expo 2019 dan Pekan Lingkungan Hidup Sumatera Utara yang berlangsung di Hotel Santika Dyandra, Medan pada 05 - 07 September 2019. 

Stakeholder Relations Manager PT Tirta Sibayakindo  Sahat Esron Siringoringo, mengatakan pengenalan inovasi itu bertujuan mengedukasi masyarakat untuk dapat lebih bijak menggunakan kemasan plastik. 

Kegiatan itu sekaligus menjadi bagian dari gerakan #BijakBerplastik yang menggarisbawahi tiga komitmen untuk mengatasi permasalahan sampah plastik di Indonesia.

Selain itu, pihaknya terus mendorong berbagai solusi inovatif berbasis kolaborasi untuk menghadapi permasalahan sampah plastik di Indonesia, sehingga dapat mendukung upaya pemerintah untuk mengurangi 70 persen sampah plastik di lautan pada tahun 2025.

“Untuk mencapai hal tersebut, diperlukan perubahan pola pikir dari model ekonomi linear menjadi sirkular, di mana botol plastik harus dimaknai sebagai sesuatu yang berharga dan dapat digunakan kembali sebagai bahan baku, termasuk bahan baku untuk botol baru.”katanya.

Pada kesempatan itu, ia menjelaskan pabrik AQUA Berastagi dan Langkat menampilkan sejumlah inisiatif pelestarian lingkungan yang sudah ada dan terus dilakukan secara berkesinambungan, termasuk konservasi di Danau Toba yang membuat pabrik AQUA Berastagi memperoleh penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia.

Pabrik AQUA Berastagi dan Langkat selalu menjalankan prinsip ramah lingkungan dalam kegiatan operasional , yaitu melalui efisiensi produksi dan peningkatan efektifitas serta penggunaan sumber daya alam secara bijak. 

Selain itu  secara berkelanjutan menjalankan konservasi air, yaitu penanaman pohon, pembuatan sumur resapan, pembuatan biopori yang dilakukan di daerah tangkapan air maupun di sekitar pabrik. 

"Hal itu membantu penyerapan air ke dalam tanah, sehingga menjaga ketersediaan air tanah. Konservasi juga membuat lingkungan sekitar menjadi lebih asri" tambah Esron. 

"Semua itu diwujudkan melalui kemitraan dengan pemerintah, LSM, masyarakat dan pihak-pihak terkait serta dilaksanakan secara berkelanjutan seperti partisipasi pada acara 9th Indonesia Climate Change Forum & Expo 2019 dan Pekan Lingkungan Hidup Sumatera Utara ini. "tutupnya.
 

Pewarta: Akung

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019