Komandan Pangkalan Angkatan Laut Tanjungbalai Asahan (Danlanal TBA), Letkol Laut (P) Ropitno menjadi narasumber dalam pembekalan Pratik Kerja Industri (Prakerin) SMKN 1/Perikanan Kota Tanjungbalai tahun pelajaran 2019/2020, Senin (19/8).

Kegiatan berlangsung di aula SMKN Perikanan, Kecamatan Sei Tualang Raso, dihadiri Kepala sekolah, Ivo Kemalayani Sinaga, Kasatpol Air Tanjungbalai, AKP Agung Basyuni, mewakili Kepala PSDKP, mewakili Kepala Syahbandar Perikanan TBA, dan Ketua Sekanti Laut Apung (Selat), Adi Herman.

Kepada pihak sekolah, Danlanal TBA menekankan agar kegiatan Prakerin direncanakan dan disiapkan dengan baik sehingga pada saat pelaksanaan dapat berjalan dengan aman dan lancar.

"Supaya tujuan Prakerin tercapai dengan baik dan maksimal sesuai yang diharapkan, hendaknya pihak sekolah merencanakan dengan matang dan penuh persiapan," ujar Letkol Laut (P) Ropitno.

Danlanal juga mengimbau, setelah kegiatan praktik selesai dilaksanakan, maka harus ada evaluasi supaya pada tahun-tahun mendatang kegiatan yang diselenggarakan bisa lebih baik dan bermanfaat bagi peserta Prakerin.

Demikian juga pihak penerima kegiatan diminta agar memperhatikan kelengkapan (legalitas) kapal sehingga sejalan dengan apa yang ingin diterima para siswa peserta Prakerin di kapal.

Kesiapan ABK dalam menerima siswa praktik juga penting. Terutama dalam kesiapan peralatan keselamatan kapal, perlengkapan kapal dan sikap terhadap siswa untuk mencegah terjadi hal-hal negatif.

"Utamakan komunikasi antara pihak penerima kegiatan dan pihak sekolah agar dapat saling mengontrol sehingga hal-hal negatif bisa diantisipasi," katanya.

Kepada siswa peserta Prakerin, Letkol Laut (P) Ropitno mengarahkan agar fokus dan serius sesuai tujuan melaksanakan praktek, serta mengikuti peraturan dan instruksi nahkoda kapal.

"Jadikan kegiatan praktik sebagai pembelajaran dan pengalaman sehingga nantinya dapat menentukan arah cita-cita apabila ingin bergabung di TNI, POLRI, PNS maupun swasta," pesan Danlanal.

Pewarta: Yan Aswika

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019